Petugas kebersihan DLH Kota Malang saat melakukan pembersihan di Jembatan Tidar (Hendra Saputra)
Petugas kebersihan DLH Kota Malang saat melakukan pembersihan di Jembatan Tidar (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Bidang Kebersihan melakukan kerja bakti di Jembatan Tidar yang banyak terjadi penumpukan sampah. Diperkirakan untuk membersihkan jembatan itu dibutuhkan waktu selama empat hari berturut-turut.

Jembatan Tidar jika dilewati akan terlihat biasa saja seperti jembatan lain yang berada di Kota Malang. Namun apakah masyarakat tahu bagaimana kondisi di bawah jembatan yang sesungguhnya?

DLH Kota Malang Bidang Kebersihan mendapati banyak sampah bongkaran dan sampah dari limbah rumah tangga yang sengaja dibuang dari jembatan langsung ke sungai. Hal tersebut yang membuat pemandangan sungai tidak kembali indah dan terlihat kumuh. Padahal akses jalan tersebut menuju ke perumahan elite yang ada di Kota Malang.

"Kami bersih-bersih di sekitar TPS baru di Tidar bawah. Sampahnya ini dari buangan limbah bangunan, sampah rumah tangga. Hasilnya Ini tadi ada dua mini dump dan satu comvactor, itu pagi saja. Dan siang satu mini dump sudah penuh dan belum selesai juga," ujar Kabid Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes Je Carvalho atau yang akrab disapa Joe.

Kemungkinan untuk membersihkan sampah yang sudah menumpuk itu, DLH membutuhkan waktu empat hari mulai hari ini hingga tiga hari kedepan. Karena Joe mengaku waktu satu hari saja tidak akan cukup untuk membersihkan wilayah bawah Jembatan Tidar ini. "Kemungkinan kami empat hari ada kerja bakti full di sini, karena sampah begitu banyak di sini," katanya.

Dengan adanya kerja bakti ini, Joe berharap kepada masyarakat agar bisa melihat bagaimana ketika sampah sudah dibersihkan. Karena ia tidak ingin ada kejadian lagi ketika dibersihkan namun ke depan tetap sama.

"Harapannya dengan adanya ini masyarakat tidak lagi buang ke sungai. Kebanyakan kalau dari pantauan kami orang buang sampah dari sepeda langsung, padahal posisi kami di bawah lagi bersih-bersih," pungkasnya.