Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg. (Foto: Humas)
Rektor UIN Malang, Prof Dr Abdul Haris MAg. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Dewasa ini, semua perguruan tinggi berlomba untuk menjadi kampus terbaik dan salah satunya bisa dilakukan melalui hasil risetnya.

Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang), Prof Dr Abdul Haris MAg dalam Capacity Building Peningkatan Kompetensi SDM Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di Hotel Klub Bunga Butik Resort Kota Batu belum lama ini.

Riset itu sendiri, katanya, memiliki peluang untuk mendapatkan prestasi dalam segala hal.

"Setiap hasil penelitian yang dilakukan dosen sudah seharusnya dipublikasikan baik di jurnal nasional maupun Internasional. Kalau bisa terindeks scopus," harapnya.

Dalam hal ini, LP2M memiliki peran yang sangat penting khususnya dalam persoalan riset dosen.

Tak hanya soal riset, LP2M juga memiliki peran yang penting terhadap pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan mutu pendidikan.

“Untuk itu, kontribusi LP2M sangat besar sekali terhadap UIN Malang,” katanya.

Tidak hanya sampai di situ, Prof Haris juga menyampaikan, LP2M harus menjaga hasil produk penelitian dari para dosen di lingkungan UIN Malang untuk dijaga hak patennya melalui Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

“Sekarang ini, peneliti harus menghadapi persoalan birokrasi yang lumayan rumit. Apalagi bagi mereka yang penelitiannya bersumber dari BOPTN,” paparnya sembari diiringi dengan gaya guyonannya yang khas.

Soal pengabdian masyarakat, Prof. Haris mengimbau agar apa yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Sehingga apa yang dilakukan oleh akademisi UIN Malang bisa lebih tepat sasaran.

"Ini semua agar apa yang dilakukan bisa lebih membawa manfaat secara langsung kepada masyarakat," terangnya.

Sementara itu, Ketua LP2M UIN Malang Dr Tutik Hamida MAg berharap, dengan dilakukan kegiatan peningkatan kompetensi SDM LP2M ini bisa meningkatkan produktivitas. 

Utamanya dalam persoalan pemberian pelayanan bagi para dosen dan mahasiswa yang menyangkut pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

“Insya Allah LP2M selalu siap mengawal baik di sektor peningkatan mutu dosen, jurnal, pengabdian, hingga persoalan konferensi Internasional hingga proses publikasi hasil risetnya," tandasnya.