Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko (5 dari kanan) dan Wakil Rektor 3, Joice Soraya (5 dari kanan) saat membuka kegiatan Techno Wars (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko (5 dari kanan) dan Wakil Rektor 3, Joice Soraya (5 dari kanan) saat membuka kegiatan Techno Wars (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar Techno Wars season 7. Kegiatan yang diisi dengan berbagai perlombaan dan seminar yang berkaitan tentang teknologi  ini, merupakan salah satu kontribusi Unikama terhadap Kota Malang dalam mewujudkan Kota Malang menjadi kota aplikasi dan gamers se-Indonesia.

Wakil Rektor III, Unikama, Dr. Joice Soraya, SH, M.Hum mengatakan, jika saat ini kita tak bisa lari dari dinamika pesatnya perkembangan teknologi dari berbagai bidang, termasuk dalam bidang aplikasi dan game. Namun, meskipun begitu, patokan atau unsur local wishdom tak bisa ditinggalkan.

"Ini merupakan tahun ke 7, ini kita persiapkan sebagai Kota Aplikasi dan Gamers seluruh Indonesia, makanya kita butuh support juga dari berbagai pihak," jelasnya.

Karenanya, dengan adanya seminar game preuneur pada kegiatan Techno Wars Season 7 ini, pihaknya juga memacu semangat para mahasiswa untuk bisa menjadi pencipta-pencipta game maupun aplikasi kreatif yang itu bisa menjadi unggulan.

Sehingga dalam mindset mereka, tak hanya berpikir bagaimana menjadi pegawai saja, tapi juga menjadi seseorang yang punya kreativitas dan inovasi yang bisa membuat mereka menjadi orang yang sukses.

"Di sisi lain kita (Unikama) juga berupaya untuk menciptakan Prodi yang langka seperti jurusan game, yang itu bisa menjadi ciri khas dan tak dimiliki oleh kampus lain. Dan saat ini, kita sedang memikirkan hal itu," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika dalam event Techno Wars Season 7 ini, diisi dengan kegiatan perlombaan Mobile Legends, Indonesia Line Followers (ILF) Competition, Robot Soccer Competition. Kegiatan ini, di tataran Jawa Timur baru hanya di kampus Unikama.

"Kali ini pesertanya dari berbagai daerah seperti Jakarta, Surabaya, Aceh, Mataram, Madura. Ada sekitar 720 lebih peserta. Kedepan kami akan lebih besarkan, mungkin bisa mencapai 1000 peserta. Menuju kancah internasional, kami juga akan buka untuk sport game," paparnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edy Jarwoko mengapresiasi event yang digelar oleh Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unikama ini. Pihaknya berharap jika kegiatan ini bisa melahirkan talenta atau sumberdaya manusia yang berkualitas dalam bidang manajemen sport game maupun bidang teknologi lainnya.

"Manajemen sport game kan harus didalami dengan baik karena kan melibatkan berbagai keahlian. Techno war yang ke 7 ini sangat bagus dalam membangun komunitas dan bisa saja melahirkan inovasi yang cemerlang sehubungan dengan teknologi," terangnya.

Selain itu ia mengatakan, kegiatan Techno Wars Season 7 ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan sangat didukung  oleh berbagai pihak. Sebab kegiatan ini juga selaras mendukung Kota Malang sebagai kota kreatif.

"Jika kampus-kampus banyak menggencarkan kegiatan seperti ini, tentu akan sangat mendongkrak nama Kota Malang sebagai Kota kreatif dan kami sangat mendukung," pungkasnya.