Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Hari Kesaktian Pancasila

"Selamatkan Pancasila dari Kelompok Ekstrim Kiri dan Kanan"

Penulis : Faishal Hilmy Maulida - Editor : Redaksi

01 - Oct - 2015, 15:00

HM Geng Wahyudi. (Foto: Hilmy/Malangtimes)
HM Geng Wahyudi. (Foto: Hilmy/Malangtimes)

MALANGTIMES - Pancasila harus diselamatkan dari kelompok ekstrim kiri dan kanan. Pancasila sudah resmi dan final sebagai ideologi negara Indonesia. Jangan sampai ada faham lain yang merongrong Pancasila dan keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

Hal itu disampaikan oleh HM Geng Wahyudi, saat ditemui MALANGTIMES, usai menghadiri Sarasehan Hari Kesaktian Pancasila, yang digelar di halaman rumahnya, di Pakisaji, Kabupaten Malang. Hadir dalam acara itu, Bupati Malang, Rendra Kresna, Kamis (1/10/2015).

Geng mengingatkan bahwa jangan sampai Pancasila dirongrong dari segala bentuk infiltrasi dari kelompok ekstrim kiri maupun ekstrim kanan.
 "Suatu contoh ada pengembangan isu akan didirikan ulang Negara Islam Indonesia (NII)," katanya.

Rencana pendirian NII itu katanya, terbukti setelah pihak kepolisian berhasil mengamankan tokoh NII. "Hal itu harus diantisipasi. Jelas akan merusak Pancasila," jelasnya.

Ideologi negara lain katanya, yang masuk ke negara Indonesia, untuk menggantikan Pancasila seperti ISIS, dan pemahaman teori Marxisme, yang ingin ditumbuh berkembang di organ politik tertentu, juga salah satu indikasi akan merusak Pancasila.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

"Mencegah dan menangkal paham yang tidak sesuai dengan bangsa kita harus kita lakukan seperti dengan adanya acara penguatan Pancasila melalui Sarasehan di Hari Kesaktian Pancasila yang kita gelar hari ini," katanya.

Perlu disadari, bahwa Soekarno sebagai salah satu The Founding Father bangsa Indonesia, dalam menggali Pancasila dengan pemikir dan tokoh yang lain seperti Kiai Hasyim Asyari dan lainnya, bukan hal yang mudah. Para tokoh itu, sangat susah payah merumuskan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia," ujarnya.

Kebhinnekaan tambahnya, harus dijaga sampai kapanpun. Seperti Pemuda Pancasila, dan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang mempunyai visi dan misi sama dalam menggelorakan Pancasila, hukumnya wajib menjaga Pancasila. (*)


Topik

Peristiwa Hari-Kesaktian-Pancasila


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Faishal Hilmy Maulida

Editor

Redaksi