Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika (foto: Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika (foto: Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Sederet proyek mercusuar Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mendapat sorotan tajam dari DPRD Kota Malang. Bukan hanya Malang Creative Centre (MCC), beberapa proyek besar yang sudah diagendakan untuk digarap tahun depan pun rencananya masih akan dievaluasi kembali.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika menyampaikan, evaluasi akan dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Karena dalam konsultasi yang dilakukan dengan Kementerian Dalam Negeri, beberapa proyek masih dimungkinkan untuk dievaluasi dengan catatan belum memiliki Desain Engineering Desain (DED).

Baca Juga : Pemprov Jatim Buka Posko Pendampingan Pendaftaran Program Kartu Prakerja di 56 Lokasi

"Muaranya nanti memang di Pemprov Jatim. Namun selama proses evaluasi kami akan sampaikan kondisi sosial di masyarakat, terutama penolakan terhadap beberapa proyek besar," katanya pada MalangTIMES belum lama ini.

Made menyampaikan, beberapa proyek yang menjadi perhatian selain MCC adalah rencana pembangunan kawasan Kayutangan Heritage. Selain itu juga proyek legal opinion Jembatan Kedungkandang yang tentunya harus mencapai kejelasan sebelum dilakukan pembangunan.

"Dan ada beberapa penganggaran lain yang memang nilainya cukup besar," imbuh dia.

Evaluasi menurutnya dilakukan untuk memastikan sederet proyek yang dianggarkan dapat dijalankan dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu juga untuk memastikan agar APBD yang disepakati mampu diserap dengan baik sesuai target yang ditetapkan.

Sebelumnya, DPRD Kota Malang dan Pemerintah Kota Malang telah menandatangani Peraturan Daerah Kota Malang tentang APBD Kota Malang Tahun Anggaran 2020. Namun pasca penandatanganan, dewan menilai jika perlu ada beberapa evaluasi terhadap proyek mercusuar yang akan digarap di 2020.

Baca Juga : Sederet Megaproyek Pemkot Malang Ditunda, Termasuk Pembangunan Mini Block Office

"Kalau berkaca dari MCC kemarin, saat kami konsultasi ke Kemendagri disampaikan jika masih bisa dievaluasi. Maka kami harap agar ada upaya juga untuk beberapa proyek besar lain yang mengalami pro dan kontra di masyarakat," pungkas Made.