Kondisi angin bercampur tanah di Kecamatan Bumiaji, Minggu (17/11/2019) sore mereda. (Foto: istimewa)
Kondisi angin bercampur tanah di Kecamatan Bumiaji, Minggu (17/11/2019) sore mereda. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Angin kencang saat melanda di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, mencapai 25-30 kilometer per jam. Namun kondisi kini sudah mereda. Hingga malam ini, diperkirakan kecepatan angin mencapai 10-15 kilometer per jam.

Data itu merupakan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda. “Malam ini diperkirakan kecepatan angin sudah stabil. Sampai sore tadi, kecepatan angin maksimum turun menjadi 20 km/jam. Dapat mencapai 10-15 km/jam saat malam hari,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

Hasil pemantauan tim gabungan di lapangan, kondisi angin dan udara di Desa Sumber Brantas sudah kondusif. Dan dari data sementara, tercatat 10 rumah warga di Desa Sumbergondo mengalami kerusakan. “Untuk data kerusakan di Desa Sumber Brantas dan Desa Tulungrejo masih dalam pendataan,” imbuh Rochim.

Juga terdapat 270 jiwa pengungsi yang melaksanakan evakuasi mandiri di Balai Desa Tulungrejo. Saat ini sedang dilakukan persiapan pemulangan para pengungsi.

Sebelumnya, saat angin kencang melanda, kondisi listrik padam. Namun sejak siang hari, listrik sudah menyala kembali dengan normal. Pohon yang tumbang pun sudah selesai dibersihkan.