Petugas Polres Mojokerto saat mengondisikan jalur Pacet ke arah Kota Batu di area bundaran  taman Pacet, beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)
Petugas Polres Mojokerto saat mengondisikan jalur Pacet ke arah Kota Batu di area bundaran taman Pacet, beberapa saat lalu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Kondisi bencana angin kencang di Desa Tulungrejo, Desa Sumbergondo, dan Desa Sumber Brantas, Kota Batu, yang disertai  debu sudah mereda, Minggu (17/11/2019). Karena kondisi itu, Polres Batu kini telah membuka jalur Batu-Mojokerto melalui Cangar yang sempat ditutup.

“Saat ini untuk kondisi angin sudah mereda. Dan saat Ini sedang kami koordinasikan dengan Polres Mojokerto untuk proses pembukaan jalur,” ungkap Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama.

"Kami lakukan normalisasi arus lalu lintas Batu-Mojokerto yang melalui cangar. Demikian,” imbuhnya.

Sebelumnya arus lalu lintas itu ditutup sejak pukul 08.00 WIB. Ditutupnya jalur tersebut lantaran bencana alam angin kencang bercampur debu menerjang Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Karena jarak pandang yang terlalu pendek dan sangat membahayakan, dilakukan penutupan jalan tersebut.

Saat ini angin Kencang yang melanda Kecamatan Bumiaji sudah mulai mereda. Kondisinya kini hanya sesekali terpantau tiupan angin yang tidak begitu kencang.

Sedangkan jumlah pengungsi yang melakukan evakuasi mandiri di Balai Desa Tulungrejo terdata sebanyak 270 jiwa. Dengan mempertimbangkan kondisi Desa Sumber Brantas yang sudah kondusif, direncakan akan dilaksanakan pemulangan pengungsi. Saat ini masih dipersiapkan proses pemulangan pengungsi.