Salah satu rumah warga yang porak poranda akibat angin kencang di Kecamatan Bumiaji, Minggu (17/11/2019). (Foto: istimewa)
Salah satu rumah warga yang porak poranda akibat angin kencang di Kecamatan Bumiaji, Minggu (17/11/2019). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Angin masih bertiup kencang di Desa Sumberbrantas, Desa Tulungrejo, dan meluas di Desa Sumbergondo Kecamatan Bumiaji. 

Hanya saja, jika di Desa Sumber Brantas disertai debu, Minggu (17/11/2019).

Melihat kondisi ini, tim gabungan dari Pemkot Batu, TNI, Polri, dan relawan sudah mempersiapkan tempat pengungsian. 

Tempat yang dipersiapkan itu berada di wilayah Balai Desa Tulungrejo, Balai Desa Punten, Balai Desa Sidomulyo, dan Balai Desa Sumbergondo.

“Posko ini memang kita persipkan jika sewaktu-waktu ada rekomendasi untuk evakuasi dan angin semakin kencang,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Hingga saat ini tim gabungan terus melaksanakan pemantauan situasi dan kondisi di lokasi terdampak. 

“Dengan memperhatikan situasi terkini, sampai dengan pukul 11.00 WIB belum ada rekomendasi untuk evakuasi masyarakat,” imbuhnya.

“Namun tim gabungan memfasilitasi bagi masyarakat yang ingin melaksanakan evakuasi mandiri,” tambahnya.

Khawatir dengan kondisi yang semakin parah, ada masyarakat Desa Sumber Brantas yang sudah melaksanakan evakuasi mandiri. Sebab saat ini kondisi listrik sudah padam.

Kemudian sudah terpantau kerusakan atap rumah yang mulai bertebangan, dan beberapa pohon tumbang. 

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama kendaraan yang terpasang sirine, agar tidak menyalakan sirine apabila tidak mendesak.

“Hal ini kita minta bertujuan untuk mengurangi trauma masyarakat,” tutupnya.