Debu atau tanah yang dibawa angin berada di langit Kecamatan Bumiaji, Minggu (17/11/2019) pagi. (Foto: istimewa)
Debu atau tanah yang dibawa angin berada di langit Kecamatan Bumiaji, Minggu (17/11/2019) pagi. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Angin kencang disertai debu melanda di 2 desa yakni Desa Sumber Brantas dan Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, Minggu (17/11/2019) pagi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu meminta agar warga waspada akan bencana ini.

“Dengan adanya kejadian angin kencang maka diharapkan kepada seluruh warga masyarakat untuk waspada, bersiaga dan melaporkan setiap perkembangan yang terjadi,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Bukan hanya warga yang ada di sana diminta untuk waspada, tetapi bagi pengguna kendaraan roda 2 yang ingin melintas di dua desa itu. Untuk sementara, pengendara sepeda motor diminta untuk menghindari melintas di Jalan Raya Sumber Brantas dan sekitarnya.

Imbauan tersebut disampaikan karena melihat kondisi angin kencang dan debu yang dibawa oleh angin itu sangat tebal. “Sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan roda 2,” imbuhnya.

Sedangkan bagi pengguna roda 4 yang akan melintas, diharapkan memprioritaskan keselamatan dan selalu berhati-hati. Pasalnya, jarak pandang saat berkendara itu sangat pendek. Untuk meminimalkan potensi kecelakaan, masyarakat diharap mematuhi himbauan yang sudah dikeluarkan oleh BPBD Kota Batu. 

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Sementara itu, hingga saat ini warga masih berada di rumah masing-masing. Namun kondisi di sana selain pekat akan debu, kondisi pertanian apel terlihat rontok, juga rumah warga atapnya mulai berterbangan.