Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Sambut Investor di Kabupaten Malang, Bupati Sanusi : Tahun 2020 Perizinan Investasi Selesai Sehari

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : A Yahya

16 - Nov - 2019, 18:48

Bupati Malang HM Sanusi saat menjelaskan kemudahan investasi di Kabupaten Malang pada tahun 2020 mendatang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Bupati Malang HM Sanusi saat menjelaskan kemudahan investasi di Kabupaten Malang pada tahun 2020 mendatang (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemda (Pemerintah Daerah) Kabupaten Malang berkomitmen mengembangkan sektor pariwisata yang ada di daerahnya. Salah satunya pada pelayanan perizinan. Terobosan yang bakal dilakukan pada perizinan ini adalah dengan cara memudahkan para investor untuk menanamkan sahamnya di wilayah Kabupaten Malang.

Baca Juga : Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Mulai Disalurkan, Pemkot Malang Buat Skema Baru

Gagasan tersebut, dilontarkan langsung oleh Bupati Malang HM Sanusi. Menurutnya kemudahan bagi para investor ini, sesuai dengan arahan dari Presiden RI, Joko Widodo. ”Dalam agenda Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) beberapa waktu lalu, Presiden mengimbau agar seluruh perizinan terkait investor dapat dipermudah dan dipercepat prosesnya,” kata Sanusi.

Mendapat arahan semacam itu, pemerintah Kabupaten Malang sempat melakukan study replikasi ke berbagai wilayah, salah satunya di Batam untuk memperdalam wawasan terkait pelayanan terhadap para investor.

”Saya sudah perintahkan kepada seluruh instansi pemerintahan di Kabupaten Malang, agar semua yang berkaitan dengan investasi bisa lebih diprioritaskan,” tegas pria asal Kecamatan Gondanglegi ini.

Pada tahun 2020 mendatang, lanjut Sanusi, seluruh birokrasi terkait investasi diarahkan agar segera dibenahi dan tertata dengan rapi. Harapannya, seluruh masyarakat maupun pelaku bisnis yang ingin berinvestasi, nantinya dapat menyelesaikan perizinannya dalam sehari dan di satu ruangan saja. Jadi bisa memangkas waktu tanpa perlu datang ke banyak kantor untuk mengurus berkas.

”Ke depan tidak akan ada lagi biaya tambahan untuk mengurus perizinan investasi. Tidak ada lagi biaya di bawah meja, atas meja, maupun di tengah meja. Seluruh biaya pengurusan harus sesuai ketentuan dan Undang-udang, jika tidak maka akan digratiskan,” ungkap Sanusi.

Baca Juga : Pemda yang Tidak Alokasikan Dana untuk Penanganan Covid-19 Akan Kena Sanksi

Salah satu kader Partai Kebangkitan Bangsa ini menambahkan, upaya kemudahan di sektor investasi ini dilakukan demi menunjang sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Malang.

Perlu diketahui, hingga berita ini ditulis sudah ada 169 destinasi wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang. Potensi semacam inilah yang membuat para investor baik domestik maupun mancanegara, bisa kepincut untuk menanamkan sahamnya di daerah yang memiliki slogan The Heart of East Java ini.

”Sejauh ini sudah banyak investor di bidang industri yang masuk ke Kabupaten Malang. Mulai dari Perancis, Denmark, hingga Taiwan semua sudah masuk ke sini. Diharapkan para pelaku industri wisata dapat menangkap peluang dari potensi semacam ini,” tutup Sanusi.


Topik

Pemerintahan malang berita malang Bupati-Malang-HM-Sanusi Sambut-Investor-di-Kabupaten-Malang Pemerintah-Daerah-Kabupaten-Malang The-Heart-of-East-Java Rapat-Koordinasi-Nasional


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

A Yahya