pemateri yang merupakan perwakilan dari The Indonesia Capital Market Institute (TICMI), Ati Retna Sari, SE, Ak, MSA, CA saat memberikan materi pada mahasiswa (Unikama For MalangTIMES)
pemateri yang merupakan perwakilan dari The Indonesia Capital Market Institute (TICMI), Ati Retna Sari, SE, Ak, MSA, CA saat memberikan materi pada mahasiswa (Unikama For MalangTIMES)

MALANGTIMES - 125 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yang merupakan calon broker, hari ini (15/11/2019), mendapat pelatihan mengenai pasar modal. Pelatihan tersebut jelang ujian sertifikasi Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) yang digelar besok (15/11/2019) di Aula Auditorium.

Baca Juga : Dampak Covid-19, Beasiswa LPDP ke Luar Negeri Ditunda Tahun Depan

Dalam pelatihan tersebut diisi oleh pemateri yang merupakan perwakilan dari The Indonesia Capital Market Institute (TICMI), Ati Retna Sari, SE, Ak, MSA, CA. Di sana, Ari yang juga Kepala Program Studi (Kaprodi) Akutansi Unikama ini, membeber dan membahas soal-sola dan materi yang nantinya akan dikerjakan dalam ujian sertifikasi.

Dekan FEB, Drs. Sulistyo, M.Ak menjelaskan, jika dengan adanya ujian ini, sebenarnya kami juga ingin memotivasi dosen agar bisa menjadi asesor sertifikasi. Sehingga nantinya Unikama memiliki asesor sertifikasi dan bisa menjadi tempat untuk sertifikasi secara tersendiri.

Selain itu, mengenai ujian sertifikasi ini, bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memilik kemampuan unggul dalam bidangnya.

"Sehingga pada saat lulus, tidak hanya membawa ijazah, tidak hanya sertifikat pelatihan-pelatihan, namun juga memiliki kompetensi yang sudah teruji dan tersertifikasi. Hal itu kemudian bisa menjadi alat untuk bertarung, bersaing setelah lulus," ungkapnya dalam sambutan.

Direktur Galeri Investasi Unikama, Supami Wahyu menambahkan, dengan adanya pelatihan ini, pihaknya berharap, dalam ujian semua peserta bisa lulus dalam satu kalian ujian.

"Kalau sampai tiga kali ujian kan memerlukan energi yang banyak. Kalau satu kali kan rasanya beda, lebih puas. Pak Dekan juga berharap banyak mahasiswa yang bisa lulus dalam satu kali ujian," jelasnya

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Sementara itu, Pemateri Ati Retna Sari, SE, Ak, MSA menjelaskan, jika dalam pelatihan terdapat beberapa materi yang diberikan kepada para peserta.  Di antarnya seperti mekanisme perdagangan efek, pengertian bursa efek serta hukum dan etikanya hingga bagaimana analisis ekonominya.

"Dengan lulus sertifikasi, tentu diharapkan mahasiswa bisa bersaing dalam dunia pasar modal secara profesional. Sehingga ketika mereka jadi broker, sudah berbekal sertifikasi dan menjadi pertimbangan dalam penerimaan kerja. Masuk ke pasar modal harus tau aturan sebab, resikonya tinggi, begitu juga keuntungannya. Makanya kami bekali," pungkasnya