Suasana saat kordinasi usai penilaian KTL oleh tim juri dan juga jajaran petugas Satlantas Polres Malang Kota (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Suasana saat kordinasi usai penilaian KTL oleh tim juri dan juga jajaran petugas Satlantas Polres Malang Kota (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) Kota Malang, seperti di seputaran Alun-Alun Merdeka, hari ini (13/11/2019), dinilai oleh Tim Juri Lomba KTL Dirlantas Polda Jatim. 

Hal ini menyusul digelarnya lomba KTL tingkat Polda Jatim. Pujian pun diberikan oleh tim juri. "Kota Malang ini sudah bagus, bahkan sudah beberapa kali mendapatkan Wahana Tata Nugraha (WTN). Namun menjelang WTN selanjutnya tahun 2021, ada beberapa hal yang perlu ditambahkan. Hal ini juga sebagai salah satu sarana sosialisasi kawasan KTL, yang perlu diketahui masyarakat," tutur Wakil Ketua Tim Juri Lomba KTL, Kompol Sri Kusminiwati yang juga menjabat sebagai Kasubbag Anev Dirlantas Polda Jatim, ditemui usai penilaian lomba, (13/11/2019).

Meskipun dari hasil penilaian dan pengamatan Tim Juri Lomba KTL Dirlantas Polda Jatim yang terdiri dari beberapa unsur, baik akademisi maupun dinas terkait, sudah baik, masih terdapat beberapa catatan dari tim juri.

Catatan tersebut yakni, perlu adanya penambahan sebuah peta yang terpasang di jalan lengkap dengan keterangan-keterangan penting yang itu juga menjadi sarana sosialisasi. Dalam peta tersebut menunjukan lokasi KTL yang ada di Kota Malang.

"Masyarakat juga harus mengetahui KTL itu apa. KTL di Malang di mana saja, mungkin bisa diletakan di taman, di ujung jalan. Sehingga masyarakat bisa terpacu juga untuk tertib, sebab jika melanggar di wilayah KTL dendanya berbeda dibandingkan melanggar di jalan biasa," bebernya

Sementara itu, Kasatlantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputra menjelaskan, program KTL sudah ada sejak lama dan setiap tahunnya selalu diupayakan untuk ditambah. Sehingga dengan penambahan tersebut, nantinya seluruh jalan di kawasan Kota Malang bisa menjadi kawasan KTL.

"Saat ini kawasan KTL masih beberapa, seperti Kawasan Jalan Merdeka, Kawasan Jalan Ijen dan beberapa Jalan lain, namun kita upayakan setiap tahun akan terus menambah, sehingga seluruh kawasan jalan bisa menjadi KTL," terang Galang, begitu sapaan akrab Kasatlantas.

Mengenai persiapan lomba KTL, pihaknya mengaku telah melakukan beberapa persiapan baik laporan, sarana, SDM maupun koordinasi dengan jajaran samping.

"Persiapan lomba ya segala macamnya sudah kita siapkan, baik itu piranti lunak maupun piranti keras, koordinasi dengan pihak terkait mengenai ketertiban berlalu lintas, ya mudah-mudahan Kota Malang bisa menyabet WTN," pungkasnya.