Petugas BP2D yang tengah melayani WP. Nampak tertempel di dinding Kantor BP2D, banner himbauan-himbauan anti korupsi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Petugas BP2D yang tengah melayani WP. Nampak tertempel di dinding Kantor BP2D, banner himbauan-himbauan anti korupsi (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang, terus berkomitmen mewujudkan instansi birokrasi yang bersih, sehat dan anti korupsi. Hal itu tentu bertujuan untuk meningkatkan predikat Zona Integritas yang sebelumnya sudah diraih BP2D Kota Malang menuju  predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK,) kemudian menuju pada predikat yang lebih tinggi lagi, yakni Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan BP2D Kota Malang, seperti menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung guna pelayanan terhadap para Wajib Pajak (WP). Fasilitas-fasikitas tersebut di antaranya, adalah menyediakan fasilitas taman bermain bagi anak, fasilitas ruang laktasi bagi ibu menyusui maupun fasilitas bagi para difabel.

Baca Juga : Lewat WTP, PDAM Kota Malang Janjikan Pelayanan Air Bersih Lebih Baik Lagi

Selain itu, upaya lainnya untuk terus meningkatkan pelayanan maupun terus memberikan banner imbauan-imbauan dengan slogan-slogan anti korupsi yang selalu terpasang di lingkungan Kantor BP2D maupun kawasan Kota Malang.

"Papan alur pelayanan juga kita berikan agar semakin mempermudah WP, ini semangat kita untuk upaya menuju predikat WBBM," jelas Kepala BP2D, Ade Herawanto, melalui Dwi Cahyo TY, Kabid Penagihan dan Pemeriksaan BP2D Kota Malang Dwi Cahyo TY.

Bukan hanya itu saja, upaya meningkatkan predikat BP2D juga dibuktikan secara nyata dengan pembuatan Gapura Patung Singo Edan Anti Korupsi’ yang terpasang dipintu masuk BP2D juga menjadi simbol pernyataan perang terhadap perilaku korupsi.

Di sana, tampak dua patung singa berwarna biru, menjadi penjaga gerbang masuk BP2D. Hal itu merupakan bentuk ketegasan serta menjadi simbol pengingat bagi semua pihak termasuk petugas BP2D untuk tetap bekerja sesuai aturan dan tidak berbuat sesuatu hal yang melanggar aturan, karena mereka memasuki daerah yang dijaga oleh singa.

"Ini kiat-kiat kita untuk meningkatakn predikit. Kita telah dinilai oleh Kemenpan RB termasuk BPS, harapannya ya bisa meraih WBBM dengan upaya-upaya yang telah kita lakukan ini," Ungkapnya

Kemudian, upaya selanjutnya adalah pelarangan petugas untuk bertemu langsung dengan para WP yang ingin berkonsultasi pajak di luar kantor. Jika ingin berkonsultasi, BP2D menyediakan ruang khusus untuk WP berkonsultasi dengan petugas.

Baca Juga : Persiapan Capai 90 Persen, Rusunawa ASN Siap Jadi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

"Termasuk pembayaran pajak-pajak, saat ini tidak ada tunai, semua langsung dengan sistem transfer. Pelaporan juga melalui E-Tax, semua sudah by sistem, sehingga kami hanya mengumpulkan berkas dan bukti pembayaran" pungkasnya.