Percantik Jalan Utama, 17 Titik Ditanami Vertical Garden Habiskan Dana Rp 1,5 Miliar

Nov 12, 2019 20:00
Salah satu vertical garden di jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu vertical garden di jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemandangan yang cantik menghiasi beberapa sudut di jalan protokol di Kota Batu. Upaya Pemkot Batu untuk mempercantik area jalan protokol itu rupanya terus dilakukan dengan maksimal.

Kali ini pemandangan baru hadir di Jalan Panglima Sudirman, Kecamatan Batu di sana terdapat vertical garden yang cukup besar terdapat tanaman yang tulisan ‘Earth Need You’. Dengan beragam bunga dan warna yang cukup cantik.

Baca Juga : Pemerintah Desa Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri Pakai Dana Darurat

Vertical garden itu memiliki ukuran panjang kurang lebih 10 meter dan tinggi 3 meter. Kehadiran Vertical Garden ini sekaligus untuk menutupi pemandangan kurang menarik di situ, karena di balik kecantikan tanaman ada pemandangan sungai yang tidak enak dipandang.

Ya itu salah satu upaya Pemkot Batu agar wisatawan atau warga sekitar yang melintas di area sungai, bisa melihat pemandangan yang lebih cantik melalui vertical garden.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, vertical garden itu dihadirkan di 17 titik jalan utama di Kota Batu. “Jalan utama yang jadi titik ini khususnya di area jembatan, dan sudut-sudut yang pedestrian,” ungkap Arief.

Setiap titik vertical garden itu juga memiliki slogan di setiap titiknya. Misalnya di Jalan Panglima Sudirman, vertikal garden diberi slogan Earth Need You. Kemudian di Jalan Ir. Soekarno juga ada slogan Shining Batu dan sebagainya

Ia menambahkan hadirnya vertical garden itu untuk mempercantik ruang terbuka, jalan-jalan protokol. Sekaligus untuk mencegah warga membuang sampah di sungai.

“Melihat kebiasaan membuang sampah masih kerap terjadi di kalangan masyarakat di Kota Batu. Lewat vertical garden ini upaya kami,” imbuhnya.

Baca Juga : Stop Tambah Vertical Garden, Pemkot Batu Fokus Merawat

Menurutnya hal  ini juga sebagai upaya Kota Batu bebas sampah tahun 2020. Sedang untuk 17 titik vertical garden itu menghabiskan biaya sekitar Rp 1,5 miliar.

Kegiatan tersebut sudah dilakukan pemasangan sejak pertengahan Oktober dan ditargetkan selesai akhir November 2019 ini.

Topik
BatuBerita BatuKepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu Arief As SiddiqVertical Garden di jalan protokol Kota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru