Gang arah menuju kos-kosan yang dibobol maling. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Gang arah menuju kos-kosan yang dibobol maling. (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Masyarakat tampaknya harus terus berhati-hati dan menghilangkan kebiasaan meninggalkan kunci rumah atau kunci kos kamar di tempat-tempat tertentu ketika berpergian.  Sebab, kebiasaan seperti meletakkan kunci di atas pintu, di bawah keset, dalam sepatu maupun dalam pot saat ini sudah sering dihafal orang-orang berniat jahat.

Kebiasaan itu pula yang membawa petaka  di rumah kos Jalan Tlogomas Gg IX Nomor 23 RW 7. Dua kamar kos di lokasi kos-kosan yang banyak dihuni siswa sekolah SMK tersebut dibobol maling. Kejadian tersebut terjadi Senin kemarin (11/11/2019).

Pengelola kos bernama Karyadi, saat ditemui MalangTIMES (12/11/2019), menjelaskan, kejadian tersebut diduga terjadi saat para penghuni kos sedang masuk sekolah. Ketika penghuni kos meninggalkan kamarnya, mereka punya kebiasaan meletakkan kunci di atas pintu kamar.

"Ya dugaan mungkin temannya sendiri, karena di sini kan juga banyak teman anak kos yang main. Mungkin ada yang hafal kalau biasanya meletakkan kunci di atas pintu," ungkap Karyadi. "Ya itu mungkin ada teman yang nggak masuk kemudian melakukan itu (mencuri) saat temannya masuk sekolah,"  sambungnya.

Akibat kejadian tersebut, dua HP milik siswa salah satu SMK di Kota Malang hilang.

Dikonfirmasi perihal tersebut, Kapolsek Lowokwaru Kompol Pujiono mengaku pihaknya belum mendapatkan laporan. "Belum ada, Mas," jawabnya kepada MalangTIMES (12/11/2019)