Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dadak saat hadir dalam acara Grand Show Festival Mbois (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dadak saat hadir dalam acara Grand Show Festival Mbois (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Malang Raya ditetapkan sebagai jantung ekonomi kreatif Jawa Timur. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat menghadiri perhelatan Dinas Perindustrian (Disperin) Kota Malang, Grand Show Festival Mbois yang digelar di kawasan Kayutangan Malang, Minggu (10/11/2019) malam.

Emil menyampaikan, Jawa Timur memiliki Millenial Job Center (MJC) yang dikhususkan untuk memberi ruang dan kesempatan bagi startup dan industri kecil untuk berkembang. MJC yang sudah dibangun pun salah satunya berkonsentrasi membangun semangat pertumbuhan ekonomi kreatif.

Baca Juga : Ekonomi Digital Indonesia Berkembang, Malang Masuk Diantaranya

"Dan Malang Raya dengan komunitasnya yang luar biasa ini dapat menjadi jantungnya ekonomi kreatif. Dan kami tunjuk Malang untuk menghidupkan MJC," katanya.

Melalui MJC itu pula, suami Arumi Bachsin ini optimis tudingan miring yang selalu menyebut anak muda selalu tak konsisten dapat ditepis. Sehingga, semua kreativitas yang dimunculkan dapat dikembangkan dengan baik dan mampu mengembangkan roda perekonomian.

"Kami berharap milenial sebagai generasi yang mampu konsisten mendorong ekonomi kreatif dan digital di Indonesia. Kami ingin Malang Creative Center sebagai pilar di Jatim," jelasnya.

Kolaborasi ciamik antara pemerintah dan komunitas itu menurutnya amat sangat penting. Karena bagaimana pun juga, tidak bisa pemerintah berjalan sendiri saat akan melakukan sebuah perubahan. Terlebih saat akan mengangkat ekonomi kreatif yang tentunya membutuhkan sentuhan langsung dari para pelaku ekonomi kreatif dan anak mudanya.

"Ada banyak talenta di Kota Malang dan Malang Raya. Tinggal bagaimana saja kita mengemasnya," imbuh Emil.

Baca Juga : Pekerja Jatim Diintai PHK, 15 Perusahaan di Kabupaten Malang Rumahkan Karyawan

Sementara itu, dalam acara penutup Festival Mbois tersebut juga dilaunching platform digital jual beli yaitu pasarmbois.com. Platform yang dibuat oleh arek-arek kreatif di Kota Malang tersebut dikhususkan untuk memberi wadah pada pelaku ekonomi kreatif juga UMKM dalam memasarkan produknya.

Gelaran penutup Festival Mbois tersebut selain dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dadak juga dihadiri Wali Kota Malang Sutiaji beserta isteri, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kepala BI, Kepala BNI, dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang.