Melalui Festival Mbois, Kota Malang Siap Jadi Penyangga Ekonomi Kreatif

Nov 10, 2019 22:16

MALANGTIMES - Kota Malang semakin memantapkan diri sebagai pusat ekonomi kreatif. Kali ini, Kota Pendidikan ini sudah menasbihkan diri sebagai penyangga ekonomi kreatif di Jawa Timur, bahkan Indonesia.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, butuh kolaborasi untuk menggerakkan sektor ekonomi kreatif. Dengan begitu, ekonomi mikro dan industri dapat berkolaborasi bersama untuk menghidupkan semua sektor ekonomi yang ada.

"Dan saya sampaikan terima kasih kepada Dinas Perindustrian yang terus mengawal ekonomi kreatif juga teman+teman komunitas kreatif," katanya saat hadir dalam Grandshow Festival Mbois 4 Tahun 2019, Minggu (10/11/2019).

Dia menyampaikan, Pemerintah Kota Malang terus berusaha untuk memfasilitasi semua pelaku ekonomi kreatif. Namun pendampingan tidak dapat terus menerus dilakukan. Artinya, para pelaku ekonomi kreatif juga harus mandiri untuk bisa mengembangkan usahanya masing-masing.

"KEK berasa di Singosari, dan akan membuat suasana ekonomi kreatif di Malang Raya menjadi penyangga ekonomi kreatif Indonesia," jelas dia.

Lebih jauh dia menyampaikan, UMKM Kota Malang selama ini banyak dilirik berbagai negara. Ada empat UMKM dengan beberapa produk yang akan disertifikasi Rusia dan diusung ke kancah internasional.

"Dan dalam beberapa kesempatan Presiden selalu menyampaikan jika Malang Raya menjadi penyangga ekonomi kreatif Indonesia," ujarnya.

Dalam acara penutup tersebut juga dilaunching platform digital jual beli yaitu pasarmbois.com. Platform yang dibuat oleh arek-arek kreatif di Kota Malang tersebut dikhususkan untuk memberi wadah pada pelaku ekonomi kreatif juga UMKM dalam memasarkan produknya.

Gelaran penutup Festival Mbois tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianti Dadak, Wali Kota Malang Sutiaji beserta isteri, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kepala BI, Kepala BNI, dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Malang. 

 

Topik
MalangBerita MalangFestival Mbois kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru