Kurang Dua Bulan Menjelang Tutup Buku, Pendapatan Pajak Minerba Sudah Alami Surplus

MALANGTIMES - Kerja keras Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Kabupaten Malang, guna mengoptimalkan pendapatan Pajak sudah mulai membuahkan hasil positif. 

Kendati tutup buku kurang 2 bulan, namun beberapa kategori pajak sudah mengalami surplus. 

Salah satunya adalah pendapatan pajak Minerba (Mineral Bukan Logam dan Batuan).

”Dari data yang kami himpun, sejak Januari hingga awal bulan November 2019. Pajak Minerba sudah mengalami surplus hingga nyaris 2 persen dari target yang sudah ditentukan,” kata Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Dr Purnadi.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang ini, menjelaskan jika pada target PAK (Perubahan Anggaran Keuangan) pendapatan pajak Minerba dipatok memperoleh Rp 400 juta. 

Dari jumlah tersebut, hingga awal bulan November 2019, tepatnya hingga tanggal 5 November. Bapenda Kabupaten Malang sudah memperoleh penghasilan pajak minerba mencapai Rp 407. 338. 980.

”Jika di rata-rata, setiap bulannya pajak Minerba mampu mendapat penghasilan mencapai lebih dari Rp 37 juta,” terang pria yang identik mengenakan kaca mata ini, saat ditemui MalangTIMES.com di ruangannya.

Dr Purnadi menambahkan, jika tren positif ini bisa terus dipertahankan. 

Kemungkinan besar hingga tutup buku tahun 2019 mendatang, pendapatan Pajak Minerba bakal mengalami surplus hingga kisaran 20 persen.

Target itu dirasa tidak terlalu berlebihan, sebab jika mengacu pada tahun sebelumnya. Pajak Minerba memang mengalami surplus. 

Dari target di tahun 2018 yang hanya dipatok Rp 600 juta. 

Hingga tutup buku, Bapenda Kabupaten Malang mampu memperoleh pendapatan Pajak Minerba mencapai Rp 938. 045. 469. 

Jika diprosentasekan mengalami surplus lebih dari 56 persen, dari target yang sudah ditentukan.

”Pajak Minerba memang menjadi salah satu kategori pajak yang menjadi langganan surplus. Jika melihat potensi yang ada, tahun 2019 ini kami optimis pendapatan pajak Minerba bakal kembali mengalami surplus seperti pada tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Top