Sanusi: Rencana Jalan Tol Tembus Kepanjen Juga Dukungan Kita pada Arema

MALANGTIMES - Rencana pembangunan lanjutan jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) yang akan dilanjutkan sampai wilayah Kepanjen, menjadi bagian dalam upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, mendukung keberadaan Arema sebagai kesebelasan sepak bola kebanggaan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Malang Sanusi dalam setiap kesempatan terkait berbagai keberpihakan Pemkab Malang kepada seluruh elemen masyarakat. 

"Rencana jalan tol tembus Kepanjen adalah bagian kita mendukung penuh Arema terkait peningkatan sarana prasarana pendukungnya. Dimana dengan rencana itu setiap laga Arema akan semakin mudah didatangi masyarakat karena jalannya akan semakin baik," ucapnya, Kamis (7/11/2019).

Seperti diketahui kandang Arema setiap berlaga terletak di Kepanjen, yaitu stadion Kanjuruhan. Dimana dengan lokasi itu memang tak mudah bagi para Aremania dan Aremanita yang berada di wilayah Lawang, Singosari dan lainnya, menjangkaunya. 

Butuh waktu serta perjuangan untuk mengurai kemacetan yang setiap tahun mengalami peningkatan akut di jalanan.

Dengan adanya jalan tol tembus Kepanjen, hal itu bisa diurai. Sehingga akan membuat akses masyarakat semakin terbuka lebar saat menyaksikan berbagai laga Arema di stadion Kanjuruhan.

Rencana pembangunan jalan tol tembus Kepanjen, memang telah ramai diwacanakan di Kabupaten Malang. Bahkan, beberapa kali Sanusi menyampaikan rencana tersebut juga telah disampaikan kepada presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merestuinya. 

"Ini telah kita sampaikan kepada Pak Presiden dan mendapat respon bagus. Pemerintah Provinsi Jawa Timur, juga sudah melakukan survei jalur Malang–Kepanjen ini," ujar Sanusi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang Tomie Herawanto, juga memastikan untuk persiapan rencana pembangunan tol, pihaknya telah mempersiapkan trase kelanjutan tol Mapan sampai ke Kepanjen sudah siap. ”Sudah ada, tapi nanti saja kalau sudah disepakati bersama,” ujarnya.

Walaupun trase jalan telah dipersiapkan, Tomie menyampaikan pihaknya tetap menunggu adanya kesepakatan dengan kementerian terkait ataupun pelaksana pembangunan.

”Dimungkinkan kalau dilihat dari peta wilayah tak ada kendala. Tapi dari sisi eksisting ternyata harus ada pergeseran,” imbuh mantan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang yang menyebutkan pula secara keseluruhan panjang ruas tol Mapan-Kepanjen berkisar 15–16 kilometer.

Terlepas dari sisi teknis, Sanusi optimis bahwa rencana jalan tol Mapan-Kepanjen, akan terwujud serta memberikan manfaat besar kepada masyarakat. Tak terkecuali kepada Aremania dan Aremanita untuk semakin mudahnya memberikan dukungan saat tim kebanggaannya berlaga di stadion Kanjuruhan.

"Tak hanya itu, kita pun mendukung berbagai renovasi Stadion Kanjuruhan sebagai bagian tak terpisahkan dengan Arema. Untuk itu pula saya berpesan mari jaga semua hasil pembangunan ini ke depannya," tandasnya.
 

 

Top