Cuaca Tak Menentu, BPBD Perkirakan Musim Hujan akan Berlangsung Minggu Kedua November

Nov 05, 2019 17:03
Cuaca cerah di kawasan Alun-Alun Tugu Kota Malang hari ini (Selasa, 5/11) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Cuaca cerah di kawasan Alun-Alun Tugu Kota Malang hari ini (Selasa, 5/11) (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pasca hujan deras tiga hari yang lalu, kondisi cuaca di Kota Malang masih tak menentu. Bahkan, dua hari terakhir ini sejak senin (4/11) hingga selasa (5/11) cuaca begitu terasa panas dan cerah.

Analisis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Mahfuzi menyatakan keadaan awal tersebut dikarenakan kondisi yang belum sepenuhnya masuk musim penghujan. Namun, masuknya musim pancaroba ini tetap harus di waspadai masyarakat.

Baca Juga : Riset: Surabaya, Gresik, dan Malang Selatan Alami Perubahan Ketinggian Permukaan Tanah

Karena, bukan tidak mungkin dampak dari cuaca ini bakal menimbulkan penyakit. Keadaan suhu yang naik turun dapat mempengaruhi kondisi imunitas tubuh seseorang.

"Memang tidak begitu berdampak besar, tapi suhu yang naik turun ini bisa jadi menjadikan seseorang itu mudah terserang flu atau masuk angin," ujarnya.

Dari prakiraan awal, kata dia, Kota Malang bakal benar-benar masuk musim penghujan di minggu kedua November 2019 ini. Pihaknya, mengimbau masyarakat mempersiapkan kebutuhan selama perjalanan.

"BMKG menyebut di minggu kedua ini akan mulai rutin turun hujan. Jadi, kami imbau masyarakat yang berencana keluar rumah agar mempersiapkan kebutuhan seperti menyiapkan mantel, payung, dan jaket ketika akan bepergian," imbuhnya.

Baca Juga : Forkopimda Kota Malang Semprotkan Disinfektan dari Udara dengan Drone

Selain itu, cuaca dingin ketika malam hari akan mulai terjadi kembali. Masyarakat juga diminta untuk selalu menjaga kesehatan dengan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi vitamin.

"Sering-sering juga memantau prediksi cuaca baik dari BMKG maupun BPBD. Karena kondisi di malam hari cukup dingin, sebaiknya masyarakat juga mempersiapkan diri agar terhindar dari penyakit. Seperti mengonsumsi vitamin atau suplemen dan memperbanyak minum air putih," pungkasnya.

Topik
MalangBerita MalangBadan Penanggulangan Bencana Daerah Kota MalangMusim PancarobaPerkirakan Musim Hujan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru