Screenshot video
Screenshot video

MALANGTIMES - Selama ini, ketika akan memasuki masjid, sudah dipastikan kita diwajibkan untuk melepas alas kaki. Hal itu dikarenakan masjid merupakan tempat beribadah umat muslim yang harus selalu dijaga kebersihan dan kesuciannya. Tapi tahukah kalian, ternyata tak semua masjid memberlakukan aturan yang sama.

Salah satunya adalah masjid agung atau masjid utama yang ada di Rusia ini. Masjid Katedral Moskwa ini nampaknya memberi kebebasan khusus bagi masyarakat yang hendak berkunjung atau melihat-lihat keindahan masjid. Tanpa harus melepas sepatu, masyarakat atau wisatawan yang tidak datang untuk beribadah dapat berkeliling menggunakan sepatu mereka.

Hal itu diketahui melalui sebuah kiriman video yang diberikan kepada MalangTIMES. Dalam video berdurasi singkat tersebut, seorang pria yang menggunakan bahasa Indonesia memperlihatkan kecanggihan sebuah alat pembungkus sepatu. Alat tersebut nampak digunakan banyak orang saat akan memasuki Masjid.

"Jadi kalau masuk ke dalam masjid untuk sekedar lihat dan bukan untuk salat, tidak perlu lagi buka sepatu. Ini alatnya canggih sekali. Jadi sepatu kita langsung dibungkus plastik secara otomatis. Kalau sekedar masuk masjid saja dan tidak untuk salat, begini caranya. Terima kasih, wassalamualaikum wr.wb," terang pria di balik video tersebut.

 

 

Dalam video itu memang terlihat dengan jelas jika alat tersebut mengeluarkan plastik khusus. Saat diinjak, plastik akan mengikuti bentuk sepatu dan langsung membungkus bagian bawah. Namun tidak membungkus secara keseluruhan. Menurut kalian bagaimana? Tertarik untuk jalan-jalan ke sana?

Sebagai informasi saja ya, dikutip dari Wikipedia, Masjid Katedral Moskow merupakaan masjid utama di Rusia. Masjid tersebut dibangun pada 1904 sesuai rancangan arsitek Nikolay Zhukov dan sekarang menjalani pembangunan ulang. Masjid ini juga dijuluki sebagai Masjid Tatar, karena didominasi oleh arsitektur Tatar.

Masih berdasarkan Wikipedia, Masjid Katedral Moskow (1904) ini disebut sebagai masjid tertua kedua dari empat masjid yang kini eksis di kota Moskow setelah Moscow Historical Mosque (1828) di 28 Bolshaya Tatarskaya Strett. Dua masjid lainnya adalah, Yardem Mosque (1997) di Otradnoye dan Moscow Memorial Mosque (1997) di Poklonnaya Hill.

Sebuah masjid yang sangat klasik lengkap dengan kubah besar dan menara. Keseluruhan dana pembangunan masjid ini ditanggung sendiri oleh saudagar muslim kota Moskow bernama Saleh Yusupovich Erzin.