Salah satu kuliner yang disuguhkan hotel Samara Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu kuliner yang disuguhkan hotel Samara Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Beragam suguhan kuliner hadir di tengah-tengah Balai Kota Among Tani, Sabtu (2/11/2019). Para pengunjung dihipnotis dengan sajian masakan Indonesia dengan harga kaki lima tapi cita rasa bintang lima pada  Batu Street Food Festival (BSFF) 2019.

Even yang digelar ke tiga kalinya oleh Dinas Pariwisata bersama Perhimpunan Hotel Restaurant Indonesia (PHRI) Kota Batu itu menyita perhatian warga dan wisatawan dari berbagai daerah.

Even tahunan itu rupanya menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh para pencinta kuliner. Bukan hanya dari Kota Batu, tetapi ada juga yang dari Jakarta, Bandung, hingga luar Jawa.

Mereka hadir lantaran ingin mencoba kuliner tradisonal Kota Batu khususnya, dan Indonesia. “Dan ternyata kegiatan ini seperti memang sudah ditunggu oleh wisatawan. Teman saya dari luar Jawa saja menyempatkan waktu untuk mencicipi kuliner di sini,” kataWali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Apalagi ini memang masakan sajuan kuliner ini  dibuat oleh para chef handal hotel dan restoran se-Malang Raya ini. Dengan harga yang murah Harga yang disuguhkan itu mulai dari Rp 5 ribu hingga termahal Rp 25 ribu. 

Dari 49 booth yang disuguhkan itu, ada 44 hotel yang merupakan anggota PHRI Kota Batu dan 5 merupakan masakan dari desa wisata di Kota Batu. Tetapi bagi pengunjung yang ingin mencicipi masakan itu ada sistem pembelian.

Pengunjung harus membeli kupon terlebih dahulu. Setelah mendapatkan kupon bisa langsung ditukarkan dengan makanan keinginan pengunjung.

Sementara itu Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Imam Suryono menambahkan, even ini digelar untuk mengangkat kuliner khas Kota Batu. Khususnya melalui tangan-tangan chef dari hotel, dengan cita rasa kelas hotel tapi hari kaki lima.

“Cita rasa bintang lima harga kaki lima. Jadi pengunjung yang datang ini enggak usah khawatir karena gak mahal dengan kualitas yang terjamin,” kata Imam

Bagaimana tidak, totalitas dalam menyuguhkan masakan itu benar-benar terbukti. Meskipun dengan harga murah tetap diberikan dengan pelayanan yang terbaik.

“Hampir semua peserta dalam BSFF sangat luar biasa dengan semangatnya menyuguhkan makanan dan dekorasi sangat luar biasa,” imbuhnya.

Sedang even ini digelar pada Sabtu (2/11/2019) dibuka sejak pukul 09.00-22.00 dan Minggu (3/11/2019) pukul 08.00-13.00.