RW 06 Kelurahan Arjowinangun saat diberi penilaian oleh DLH Kota Malang (DLH for MalangTIMES)
RW 06 Kelurahan Arjowinangun saat diberi penilaian oleh DLH Kota Malang (DLH for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang akan melakukan penilaian calon pemenang lomba Kampung Bersinar secara silent. Hal itu dilakukan agar kampung yang ikut dalam kegiatan tersebut benar-benar melakukan perubahan yang nyata dan hasilnya dapat dirasakan.

Biasanya, penilaian sebuah perlombaan akan diumumkan secara tersiar dan banyak diketahui orang. Namun hal ini tidak dilakukan oleh DLH Kota Malang, karena mereka ingin benar-benar melihat keseriusan para peserta lomba Kampung Bersinar dalam merombak daerahnya.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

"Ini sudah masuk 10 besar, nanti akan ada penilaian secara diam-diam. Maksudnya tidak ada pemberitahuan, supaya benar-benar juaranya itu kelihatan," kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Kemitraan dan Pengendalian Lingkungan DLH Kota Malang, Rahmat Hidayat kepada Malangtimes.com. 

Seperti diketahui, kampung-kampung yang mengikuti lomba Kampung Bersinar tersebar di lima kecamatan yang ada di Kota Malang. Saat ini sudah terpilih 10 kampung tersebut yang akan dinilai siapa juaranya. Mereka antara lain adalah RW 11 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru, RW 05 Kelurahan Arjowinangun Kecamatan Kedungkandang, RW 06 Kelurahan Balearjosari Kecamatan Blimbing, RW 02 Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang, RW 04 Kelurahan Rampal Celaket Kecamatan Klojen, RW 07 Kelurahan Lesanpuro Kecamatan Kedungkandang, RW 06 Kelurahan Arjowinangun Kecamatan Kedungkandang, RW 09 Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru, RW 06 Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru, dan terakhir RW 03 Kelurahan Rampal Celaket Kecamatan Klojen. 

Adapun dari 10 Besar RW terbaik itu akan dinilai untuk mendapatkan juara I, II, III, Harapan I dan Harapan II. Dan hadiahnya sendiri akan diserahkan di balai kota pada tanggal 10 November 2019 dan bertepatan pada hari pahlawan. Bahkan RW pemenang akan dinobatkan sebagai "PAHLAWAN LINGKUNGAN". 

Kepala Dinas (Kadin) Lingkungan Hidup Kota Malang, Rinawati mengungkapkan bahwa saat sudah memasuki 10 besar ini ia berharap para peserta benar-benar menunjukkan keseriusannya merubah kampungnya menjadi bermanfaat ke depannya. Karena dalam hal ini kampung yang mengikuti lomba Kampung Bersinar harus memiliki ruang terbuka hijau, sanitasi dan lain sebagainya.

"Ini harus ada peran serta masyarakat yang peduli terhadap lingkungan, jadi dalam lomba itu kan ada beberapa indikator penilaian, baik untuk penghijauannya, untuk sanitasinya, untuk pemberdayaan masyarakat dan sampahnya. Saya harap ke depan lomba ini bukan hanya sekadar diikuti, namun diaplikasikan terus dalam kehidupan masyarakat," tegas Rinawati.