Kerja keras pemain Arema FC (biru) saat menghadapi Badak Lampung FC (official Arema FC)
Kerja keras pemain Arema FC (biru) saat menghadapi Badak Lampung FC (official Arema FC)

MALANGTIMES - Arema FC akhirnya gagal melanjutkan tren kemenangan setelah dikalahkan Badak Lampung FC dengan skor 4-3 di Stadion Sumpah Pemuda, Lampung Jum'at (1/11/2019) sore tadi dalam lanjutan Liga 1 2019 pekan ke 26.

Gol Badak Lampung FC diciptakan oleh Marquinhos (tiga gol) dan Hariyanto satu gol. Sementara Arema FC menciptakan gol melalui Sunarto, Hamka Hamzah dan Makan Konate.

Babak Pertama

Arema FC harus rela gawangnya dibobol dua kali oleh Badak Lampung FC dibabak pertama melalui kaki Marcus Vinicius Vidal atau yang akrab disapa Marquinhos pada menit 10 dan Hariyanto pada menit 17.

Singo Edan nampaknya tidak bisa berkutik sama sekali menghadapi Badak Lampung FC. Tercatat tim asuhan Milomir Seslija itu hanya mempunyai menguasai bola dengan persentase 32 persen dan sangat jauh dari tim tuan rumah yang mampu menguasai bola sebanyak 68 persen.

Entah apa yang merasuki kubu Badak Lampung FC sehingga mambuat tim besar Arema FC tidak mampu berbuat banyak. Bahkan, playmaker Makan Konate nyaris dibuat tidak bisa menguasai bola lebih lama, dan membuat aliran bola kepada striker tersendat.

Baru di menit ke 10 Arema FC sudah kebobolan melalui Marquinhos setelah mencuri bola dari kapten tim Hamka Hamzah tepat di depan kotak penalti. Dengan sedikit dribble, Marquinhos mampu memperdayai Utam Rusdiana. Tujuh menit berselang, Hariyanto menambah keunggulan dari Badak Lampung FC setelah memanfaatkan bola liar di depan gawang Utam Rusdiana.

Babak Kedua

Jalan babak kedua, Arema FC bermain lebih bersemangat dan membuat pertandingan semakin menarik untuk dilihat. Sementara Badak Lampung FC terlihat juga tidak ingin tim lawan mengembangkan permainan.

Tapi strategi yang sedikit berbeda membuat Arema FC bisa mencuri gol melalui Sunarto pada menit ke 50. Berawal dari miss komunikasi antara Bojan Malisic dan kiper Daryono didalam kotak penalti, bola menjadi luar dan berada tepat di kaki Sunarto, pemain berjuluk Joker itu kemudian menceploskan bola tanpa ada pengawalan sedikitpun.

Kebobolan satu gol membuat Badak Lampung FC ingin semakin menjauh, variasi permainan yang diperagakan anak asuh Milan Petrovic setidaknya merubah pertandingan yang berjalan biasa saja menjadi semakin bagus. Akhirnya pada menit 76, Marquinhos yang berdiri bebas didalam kotak penalti menciptakan gol keduanya setelah memanfaatkan bola liar yang diberikan oleh Fernandinho.

Tiga menit berselang Arema FC memperkecil ketinggalan melalui gol Makan Konate dari titik 12 pas. Tendangan penalti itu didapat setelah Riki Kayame yang mencoba merangsek kedalam kotak penalti dijatuhkan Bojan Malisic.

Setelah gol itu, Arema FC terlihat menguasai pertandingan dengan penguasaan bola yang cukup bagus. Dan seperti biasanya, Hamka Hamzah merubah posisinya menjadi striker untuk membantu serangan karena ketinggalan skor. Pemain yang kenyang makan asam garam di persepakbolaan nasional ini bisa membuat perubahan dengan menciptakan gol penyama kedudukan yakni 3-3 setelah berhasil lolos dari pengawalan lawan dan menceploskan bola didalam kotak penalti pada menit ke 83.

Tapi sangat disayangkan, satu poin di depan mata Arema FC harus sirna karena lagi-lagi Marquinhos membobol gawang Utam Rusdiana tiga menit usai gol Hamka Hamzah. Tendangan bebas akurat pemain berkepala plontos itu gagal ditepis kiper Singo Edan dan mengakhiri laga dengan skor 4-3 untuk keunggulan Badak Lampung FC.

Kekalahan Arema FC di Stadion Sumpah Pemuda, Lampung itu membalikkan keadaan bagi Badak Lampung FC yang sempat kalah dengan skor telak 4-1 di Stadion Kanjuruhan pada putaran pertama lalu.

Kemenangan Badak Lampung FC ini juga membuat sejarah bagi Milan Petrovic yang bisa mengalahkan mantan tim yang pernah dibesut nya setelah kembali melatih di kompetisi sepak bola Indonesia.

Fakta Tiga Gol Arema

Sunarto yang menciptakan satu gol ke gawang Badak Lampung FC adalah gol keduanya di kompetisi Liga 1 2019. Dan ini adalah pertandingan keduanya dari penantian panjang kembali dipercaya bermain setelah sebelumnya juga dipasang saat Singo Edan menjamu Semen Padang di Stadion Kanjuruhan pekan ke 25 Liga 1 2019.

Gol Hamka Hamzah ke gawang Badak Lampung FC juga menjadi gol pembuka usai ia menderita cedera. Hamka mengalami cedera di pengujung pertandingan Arema melawan PSM di Stadion Kanjuruhan. Dia sempat keluar lapangan meminta pertolongan kepada tim medis untuk menahan sakit di pahanya. Padahal saat itu jatah pergantian pemain sudah habis sehingga Hamka tetap bermain untuk merampungkan pertandingan.

Gol Makan Konate melalui titik penalti ke gawang Badak Lampung FC menambah pundi-pundi golnya di Liga 1 2019 menjadi 14 gol. Hal itu membuat nama Konate adalah satu-satunya playmaker di tiga besar pencetak gol terbanyak musim ini.