Pengukuhan 5 kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang. (Foto: Humas)
Pengukuhan 5 kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Lima orang kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang dikukuhkan oleh Wali Kota Malang Sutiaji di Ruang Sidang Balaikota Malang, Jumat (1/11/2019).

Hadir pula dalam prosesi pengukuhan tersebut di antaranya Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Sekretaris Daerah Wasto, Kepala Badan Kepegawaian Kota Malang Anita Sukmawati, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kota Malang.

Dalam amanatnya, Sutiaji mengatakan ada dua hal besar yang menjadi tugas seorang kepala sekolah, yaitu sebagai leader sekaligus sebagai manajer.

"Mari kita bekerja bersama, bahu membahu, mempererat komunikasi dan koordinasi demi terwujudnya soliditas agar kualitas pendidikan di Kota Malang senantiasa lebih baik dari waktu ke waktu," ucapnya.

Ia juga meminta agar kepala sekolah tidak merasa berat hati dengan pengukuhan tersebut.

"Jangan pernah bertanya atau memiliki pemikiran, 'kenapa saya ditempatkan di satuan pendidikan ini, di satuan pendidikan itu'. Kami mohon maaf manakala penempatan tugas Bapak maupun Ibu Kepala Sekolah ada yang tepat dan ada yang merasa tidak tepat," tuturnya.

Ia menyampaikan, tugas yang diamanahkan menjadi lebih berkah, barokah, mudah, lancar dan tanpa beban manakala ada keyakinan dalam diri bahwa apapun yang terjadi merupakan yang terbaik menurut Tuhan.

Di kesempatan berbeda, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah meminta kepada kepala sekolah untuk menanamkan rasa ikhlas dalam membimbing dan mengarahkan siswa siswi di sekolah.

"Keikhlasan yang harus ditanamkan di hati panjenengan semuanya," ucapnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada para kepala sekolah di Kota Malang untuk tanggap dalam menghadapi persoalan apapun.

Untuk diketahui, lima kepala sekolah dikukuhkan tersebut di antaranya Ika Ratna Juwita SPd sebagai Kepala SDN Bandulan 2 Malang, Dra Wiwik Eko Astutik sebagai kepala SDN Bumiayu 1 Malang, M Syahroni SPd sebagai Kepala SDN Bumiayu 4 Malang, Purwito SPd sebagai Kepala SDN Jodipan Malang, dan Hasbullah SE SPd sebagai Kepala SMP Negeri 23 Malang.