Tol Mapan Seksi Singosari-Pakis Mulai Dibuka, Seminggu ke Depan Gratis

Nov 01, 2019 06:45
Jalur tol Mapan Singosari , (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Jalur tol Mapan Singosari , (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kabar gembira bagi para pengguna kendaraan melewati ruas jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan), karena seksi IV Singosari-Pakis resmi dioperasikan mulai hari ini (Jum'at, 1/11).

Menariknya, jalur sepanjang 4,75 Kilometer itu akan ini bakal menyambut pengendara secara gratis selama kurang lebih sepekan. 

Baca Juga : Sering Dilalui Tapi Kini Ditutup, Berikut Jalur Alternatif yang Disediakan Polres Malang

Yakni mulai tanggal 1 November 2019 hingga 6 November 2019 mendatang. 

Pengoperasian tarif gratis tersebut bakal mulai dibuka pukul 06:00 WIB.

Dibukanya ruas seksi IV ini berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 1026/KPTS/M/2019, tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Pandaan Malang Seksi 4 (Singosari-Pakis).

"Untuk sementara, ruas tol sepanjang 4,75 km tersebut dioperasikan tanpa tarif (Rp 0,-) dalam rangka memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada masyarakat," ujar Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo dalam keterangan rilis tertulisnya, Kamis malam (31/10).

Lebih lanjut, dalam rilis tersebut juga dijelaskan jila tarif tol akan mulai diberlakukan pada Kamis, 7 November 2019 mendatang mulai pukul 00.00 WIB. 

Besaran tarifnya disesuaikan dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1027/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol Pandaan Malang.

Rinciannya, tarif tol dari Pakis menuju Singosari untuk Golongan I sebesar Rp 4.500. 

Kemudian, Pakis menuju Lawang Rp 10.500, sedangkan Pakis ke Purwodadi Rp 18.000 dan Pakis Pandaan Rp 33.500.

Sementara itu, bagi pengguna jalan dari Wilayah Pandaan yang keluar di Gerbang Tol (GT) Pakis, tetap membayar tarif tol asal gerbang hingga GT Singosari dan berlaku untuk arah sebaliknya.

Yakni, kendaraan yang masuk dari GT Pakis keluar di Gerbang Tol wilayah Pandaan hanya membayar tarif tol dari GT Singosari.

"Pengguna Jalan Asal dan Tujuan GT Pakis, saat ini dikenakan tarif sama dengan Asal dan Tujuan GT Singosari," tambahnya.

Baca Juga : Kembali Beroperasi, Ribuan Pemilik SIM di Kabupaten Malang Bebas Denda Akibat Covid-19

Pihaknya juga mengimbau, untuk menghindari kekurangan saldo yang dapat berpotensi menimbulkan antrian panjang di Gerbang Tol, pengguna jalan diharapkan selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan.

Dengan dibukanya jalur Seksi IV tersebut, pengguna jalan dari arah Surabaya menuju Malang Kota dapat memilih keluar melalui Gerbang Tol Pakis. 

Hal tersebut diyakini akan mengantisipasi kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Karanglo dan Jalan Jenderal Achmad Yani.

Begitupun bagi pengguna jalan yang tinggal di sekitar Singosari, Karang Ploso apabila menuju Malang Kota dan Bandara Abdul Rahman Saleh dapat melalui ruas Singosari-Pakis.

Diketahui, dengan beroperasinya seksi IV, Jalan Tol Pandaan-Malang telah mengoperasikan 35,375 km dari total 38,488 km panjang jalan tol.

Sementara, untuk seksi V (Pakis-Malang) sepanjang 3,113 km hingga saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Topik
Tol Malang PandaanTol Mapan Seksi Singosari Pakistol mapan seksi 4 gratisPT Jasamarga Pandaan Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru