Segera Bekerja, Laskar Perencana Dapat Pelatihan Khusus dari Barenlitbang Kota Malang

Oct 30, 2019 12:42
Laskar Perencana yang mendapat pendampingan khusus Barenlitbang Kota Malang di NCC, Rabu (30/10/2019) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Laskar Perencana yang mendapat pendampingan khusus Barenlitbang Kota Malang di NCC, Rabu (30/10/2019) (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Laskar Perencana, sebagai salah satu pendamping dalam proses musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang diinisiasi Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang akan segera bekerja. 

Baca Juga : Bansos untuk Warga Terdampak Covid-19 Mulai Disalurkan, Pemkot Malang Buat Skema Baru

Untuk memaksimalkan kinerja, para Laskar Perencana pun mendapatkan pelatihan atau bimbingan teknis dari Barenlitbang.

Bimtek pun diberikan kepada seluruh Laskar Perencana pada Rabu (30/10/2019) bertempat di Ngalam Command Center (NCC). Dalam pelatihan tersebut, seluruh Laskar Perencana mendapat petunjuk teknis berkaitan dengan sederet upaya pendampingan yang bisa dilakukan saat masa Pra-musrenbang hingga masa musrenbang. 

Salah satunya penjelasan mengenai tata cara memasukkan usulan musrenbang melalui aplikasi yang sudah terintegrasi.

Kasubid Perencanaan Barenlitbang Kota Malang Yogi Handoyo menyampaikan, Laskar Perencana pada dasarnya merupakan pendamping. Mereka tak diberi kewenangan untuk mengambil keputusan dalam musrenbang maupun proses pengunggahan setiap berkas yang harus diajukan saat musrenbang.

"Tapi mereka sifatnya adalah mendampingi dan seluruh proses tetap dikerjakan pelaksana musrenbang di tingkat kelurahan hingga kecamatan," katanya pada MalangTIMES di sela kegiatan Bimtek bagi Laskar Perencana, Rabu (30/10/2019).

Karena berdasarkan pengalaman yang ada sebelumnya, masih ada beberapa kelurahan dan kecamatan yang membutuhkan pendampingan. Terutama saat akan mengunggah usulan dalam aplikasi, yang selama ini masih terjadi kesalahan dan membuat tim harus bekerja dua kali.

"Dari hasil evaluasi memang membutuhkan pendampingan," imbuh dia.

Yogi menegaskan, Laskar Perencana akan bertugas sejak masa pra-musrenbang hingga musrenbang berlangsung. Mereka akan mendampingi seluruh masyarakat untuk mendapatkan usulan yang maksimal dan berkualitas.

Mereka akan menjadi kepanjangan tangan pemerintah pada waktu pelaksanaan musrenbang di kelurahan dan kecamatan. Diantaranya adalah menjelaskan kebijakan pada masyarakat saat proses pra-musrenbang dan musrenbang sedang berlangsung.

Baca Juga : Pemda yang Tidak Alokasikan Dana untuk Penanganan Covid-19 Akan Kena Sanksi

"Sehingga usulan yang dihasilkan berkualitas yaitu representasikan kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Selain itu, lanjut Yogi, Laskar Perencana juga dituntut untuk bisa memancing keterlibatan peserta dalam semua proses musyawarah. Selanjutnya usulan dapat selaras dengan regulasi dan arah kebijakan pemerintah dan daerah.

"Dengan begitu, peluang sebuah usulan untuk terakomodir lebih banyak. Sekaligus mampu mencapai target pembangunan daerah," terang Yogi.

Sementara berkaitan dengan Laskar Perencana, Yogi menjelaskan jika mereka merupakan tenaga yang dipekerjakan setelah melalui proses seleksi. Total ada sekitar 317 warga yang mendaftarkan diri dalam seleksi terbuka yang dibuat Barenlitbang Kota Malang.

"Dan yang diterima ada 62 nama," jelasnya.

Para pendamping atau Laskar Perencana itu berasal dari berbagai elemen. Bukan hanya terbatas pada akademisi atau profesional saja. Melainkan dipilih sebagaimana kriteria yang ada. Diantaranya adalah memiliki kecakapan dalam pendampingan masyarakat hingga menguasai lingkungan.

"Seleksi terbuka dan yang terpilih bukan hanya yang berasal dari daerah tersebut. Karena yang jadi indikator adalah kecakapan mereka," katanya.

Melalui Laskar Perencana, dia optimis proses pra musrenbang dan musrenbang akan berjalan lebih maksimal. Termasuk berkaitan dengan usulan yang akan disampaikan lebih berkualitas dan sesuai dengan visi dan misi pembangunan Kota Malang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita MalangBarenlitbang Kota MalangNgalam Command CenterLaskar Perencana

Berita Lainnya

Berita

Terbaru