Penuhi Pasokan Air Warga, Kabupaten Malang Bangun 40 Embung

Oct 30, 2019 07:05
Bupati Malang HM. Sanusi beserta rombongan saat meresmikan embung di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo. (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Bupati Malang HM. Sanusi beserta rombongan saat meresmikan embung di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo. (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ukuran embung itu hanya berkisar antara 25 x 15 meter. Namun, salah satu embung yang berlokasi di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang itu diproyeksi mampu menjadi solusi bagi masyarakat setempat guna memenuhi pasokan air.

”Kami ada agenda meresmikan embung yang ada di Kecamatan Tirtoyudo. Embung ini lebih efektif karena bisa digunakan saat musim kemarau maupun musim penghujan. Kalau kemarau, embung akan diisi dari air sumber. Dedangkan saat musim penghujan, embung digunakan untuk menampung air hujan,” terang Bupati Malang HM. Sanusi saat  agenda Gema (Gerakan Membangun) Desa, Selasa (29/10/2019).

Baca Juga : Riset: Surabaya, Gresik, dan Malang Selatan Alami Perubahan Ketinggian Permukaan Tanah

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, embung di  Tirtoyudo ini diharapkan mampu untuk menunjang sektor pertanian. Sekadar diketahui,  embung itu memang dikelilingi lahan yang dimanfaatkan warga untuk menanam  kopi.

”Embung ini akan dimanfaatkan untuk pertanian. Selain kopi, potensi pertanian lain di sini seperti sayur, padi, hingga perkebunan juga bisa memanfaatkan embung untuk pengairan,” terang Sanusi.

Ditemui di saat bersamaan, Kepala Dinas DTPHP (Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan) Kabupaten Malang Budiar Anwar menjelaskan,  hingga saat ini sudah ada puluhan embung yang dibangun di berbagai wilayah Kabupaten Malang.

”Sejauh ini sudah ada 40 embung. Nantinya akan kami tambah jumlahnya. Bahkan kalau perlu! sebanyak-banyaknya,” ungkap Budiar di sela-sela agenda Gema Desa.

Dia menambahkan, jika dilihat dari segi fungsi, 40 embung itu dimanfaatkan untuk memenuhi pasokan air. Namun, tidak semua embung yang sudah dibangun memiliki karakter yang sama dengan yang ada di Desa Ampelgading, Kecamatan Tirtoyudo. Yakni bisa digunakan untuk menampung air saat musim penghujan maupun ketika musim kemarau.

Baca Juga : Warga Keluhkan Limbah Pabrik Susu, DLH Kabupaten Malang Bakal Pantau Lewat CCTV

”Embung di sini (Kecamatan Tirtoyudo) memang memiliki kualitas yang bagus. Ini merupakan proyek yang dibangun oleh kelompok tani setempat. Informasinya, biaya yang dibutuhkan untuk membangun embung di Desa Ampelgading ini menghabiskan dana sebesar Rp 120 juta,” pungkasnya.

 

Topik
Kabupaten Malang Bangun EmbungMusim KemarauPasokan Air BersihBUPATI MALANGHM SanusiDTPHP Kabupaten MalangBudiar Anwar
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru