Ikrar Sumpah Pemuda Kembali Bergema di Pasar Terpadu Dinoyo

Oct 29, 2019 07:42
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat membacakan puisi karya Gus Mus dalam Malam Umbar Kata (Arifina CahyatiPYC/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat membacakan puisi karya Gus Mus dalam Malam Umbar Kata (Arifina CahyatiPYC/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ikrar Sumpah Pemuda kembali bergema di Pasar Terpadu Dinoyo. Ikrar yang menjadikan putera dan puteri bangsa sebagai tonggak utama pembangunan itupun dibacakan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober.

Baca Juga : KITAB INGATAN 101

Terasa sangat berbeda memang. Jika biasanya peringatan Hari Sumpah Pemuda dilakukan dalam kegiatan formal dalam upacara di lapangan, maka kali ini peringatan itu dikemas lebih sederhana dalam balutan diskusi ringan.

Sederet tokoh kenamaan di Kota Malang pun terlibat dalam agenda peringatan Hari Sumpah Pemuda yang digelar media berjejaring terbesar di Indonesia, MalangTIMES. Bukan hanya diskusi, dalam kesempatan tersebut juga ada pembacaan puisi oleh para audiens yang hadir dalam gelaran Malam Umbar Kata tersebut.

Diawali dengan diskusi, acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda yang dipimpin oleh General Manager MalangTIMES, Lazuardi Firdaus. Seluruh tamu undangan yang hadir pun berdiri dan bersama-sama mengucapkan ikrar sebagai pemuda. Suasana hening dan khidmat pun terasa amat kental di malam pembacaan ikrar tersebut.

Usai membacakan ikrar, General Manager MalangTIMES, Lazuardi Firdaus menyampaikan rasa Terima kasihnya lantaran sederet tamu undangan turut meramaikan event tersebut. Karena meski digelar sederhana di kawasan pasar, sederet tokoh tetap hadir memompa semangat bersama para pemuda dan pemudi yang hadir.

"Terima kasih untuk seluruh tamu undangan yang hadir. Acara kami gelar di pasar tradisional dan sangat sederhana. Namun para petinggi Kota Malang tak enggan untuk datang menyemarakkan acara kami. Ini menunjukkan jika pejabat di Kota Malang sangat merakyat," terang pria yang akrab disapa Firdaus itu.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang turut menghadiri kegiatan tersebut pun tak ketinggalan ikut membacakan sebuah puisi. Puisi yang mengokohkan semangat para pemuda untuk membangun bangsa itu ia bacakan di hadapan puluhan tamu undangan yang hadir.

Seluruh tamu undangan dan jajaran MalangTIMES foto bersama usai kegiatan Malam Umbar Kata (Arifina CahyatiPYC/MalangTIMES).

Kenakan kemeja putih dan celana jeans, pria yang akrab disapa Bung Edi itu membacakan puisi karya KH A Mustofa Bisri atau yang akrab kita kenal sebagai Gus Mus. Puisi berjudul Bagaimana itu pun berhasil dibawakan Bung Edi dengan sukses dan membuat riuh tepuk tangan para tamu yang hadir.

"Bagaimana kau hendak menulis puisi dengan apa?
Huruf-huruf dan kata-kata telah aus
Digunakan terus menerus
Oleh tikus-tikus yang rakus
Meruapkan bau kakus," kutipan puisi yang dibacakan Bung Edi dalam Malam Umbar Kata.

Baca Juga : KITAB INGATAN 100

Sementara itu, selain Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, sederet tokoh dan pejabat di Kota Malang yang turut hadir dalam Malam Umbar Kata diantaranya adalah Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Kapolres Malang Kota AKBP Dony Alexander, Dandim 0833 Malang, Letkol Inf. Tommy Anderson.

Selanjutnya Wakapolres Malang Kota Kompol Ari Restiawan, Wakil DPRD Kota Malang Asmualik, Anggota DPRD Kota Malang Fuad Rahmad, Anggota DPRD Kota Malang Rachmad.

Hadir pula Direktur Utama PDAM Kota Malang M. Muchlas, pengacara kondang Malang Gunadi Handoko, pengusaha properti sekaligus pemilik Apartemen Kaliandra Heri Mursyid.

Seluruh tamu yang hadir tersebut secara bergantian membacakan puisi berkaitan dengan pemuda. Secara bergantian, setiap tokoh menunjukkan kepiawaiannya dalam membaca bait demi bait puisi yang mereka buat sendiri.

Sebagai informasi, kegiatan Malam Umbar Kata ini diselenggarakan oleh MalangTIMES dan didukung Penuh oleh Coffee Times, Satukanal.com, PMII, IMABSII, HMJ PBSI Unisma, Pelangi Sastra Malang, Sastra Titik Koma, Laskar Pujangga, Lamongan  Rock On, dan Sampar Mbojo.

Topik
Ikrar Sumpah PemudaPasar Terpadu Dinoyoperingatan Hari Sumpah PemudaCoffee TIMESWakil Wali Kota MalangSofyan Edi Jarwoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru