Tangkapan layar akun @SammiSoh
Tangkapan layar akun @SammiSoh

MALANGTIMES - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menjadi sorotan publik. 

Kini, terkait adanya usulan dari jajarannya di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta yang akan menggelontorkan anggaran daerah sebesar Rp 5 miliar untuk 5 Influencer di media sosial (medsos).

Anggaran besar itu diperuntukkan bagi promosi pariwisata Jakarta oleh 5 Influencer medsos yang memiliki pengikut atau follower besar dan dijadikan model panutan warganet.

Dana sebesar Rp 5 miliar, tepatnya Rp 5.008.691.930 ini telah diusulkan dalam Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPAS) DKI 2020. 

Walaupun tentunya siapa saja nanti yang bisa mengakses anggaran besar promosi pariwisata Jakarta, belum diketahui publik sampai saat ini.

"Penjelasan bisa ditunggu sampai pembahasan anggaran di Komisi B DPRD DKI selesai. Kami juga sedang follow up ke bidang yang punya kegiatan," ucap staf  humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Eno, seperti dikutip CNNIndonesia.com, Sabtu (26/10/2019) kemarin.

Walau masih berupa usulan, sontak saja membuat warganet gerah. 

Misalnya akun @SammiSoh yang menuliskan sebagai berikut : 

"Anies akan berikan Rp 5M ke 5 akun sosmed yg memiliki banyak followers utk promosikan kota Jakarta. Silahkan dicurigai kok bs dana sebesar 5M utk dipakai ke pribadi pemilik akun sosmed (di anggaran disebut influencer). TGUPP aja gak jelas dgn dana 26,5M/thn," cuitnya yang meminta warganet lain untuk memolototi anggaran tersebut.

Anggaran besar yang menurut warganet belum jelas itu pun membuat banyak komentar lainnya.

Ferdinand Marchoshan melalui @Trueblue__05 menyatakan keterkejutannya. "Hahh????? An**rlah hahahah," tulisnya.

Bahkan, ada warganet lainnya pun menyatakan, hal ini bisa terjadi dikarenakan Anies disebutnya awam terkait sistem anggaran. 

"Karna  Anies dengan sistem anggaran, dimanfaatkan dinas2 dengan anggaran siluman. Pemprov DKI Pesta pora.." cuit @marshall_marbun.

Sedangkan warganet lainnya menyambut dengan lelucon dan mengimbau para pemilik akun di medsos dengan pengikut besar untuk segera merapat ke barisan Anies
@fatmawati2014, "Yg bnyk follower waktunya masuk tim hore Anies.." tulisnya sambil membubuhkan emoticon tawa.

Seperti diketahui, Anies memang sempat mengusung sejumlah ide untuk pengembangan pariwisata di Jakarta. 

Di antaranya adalah Wisata Halal. Dimana untuk ini telah diterbitkan aturannya pada 2018 lalu.

Selain wisata halal, dia juga mengusulkan sejumlah tempat menjadi wisata sejarah seperti Kampung Akuarium.