Angkat Film Daerah, Pemkot Malang Bakal Gandeng Bioskop

MALANGTIMES - Pemerintah Kota Malang bakal menggandeng perusahaan bioskop. Tujuannya, terus melebarkan sayap karya sineas  di Kota Pendidikan ini hingga film daerah menembus kancah nasional dan internasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni menyampaikan,  kreativitas sineas di Kota Malang harus terus didukung. Sebab, sampai saat ini, tak sedikit karya yang telah ditorehkan tangan-tangan kreatif di Kota Malang, utamanya dari kalangan pemuda yang memang sudah bergelut dalam dunia ekonomi kreatif.

"Kami harus dukung film daerah dikenal kancah nasional dan lebih luas lagi," katanya  dalam kegiatan Fasilitasi Pelaku Ekonomi Kreatif Pemutaran Film dan Workshop Ekonomi Kreatif Subsektor Film belum lama ini.

Perempuan yang akrab disapa Dayu ini menjelaskan, kerja sama di antaranya sudah dilakukan dengan pihak Moviemax. Salah satunya melalui pemutaran film Darah Biru Arema 2. Ke depan bahkan rencananya akan ada tiga bioskop lain yang akan melakukan kerja sama serupa.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji sebelumnya berpendapat, dukungan terhadap film daerah perlu dilakukan. Pasalnya,  film daerah pada dasarnya juga mewakili karakter dan budaya daerah. Sehingga dia berharap kreativitas sineas di Kota Malang terus dikembangkan.

Bukan hanya bioskop. Sutiaji menegaskan bahwa industri perfilman dapat diupayakan melalui berbagai kerja sama. Tanpa kecuali dengan berbagai perguruan tinggi yang ada untuk mengembangkan setiap potensi yang dimiliki.

"Bakat para pemuda akan difasilitasi, mulai dari dalam kampus misalnya. Soalnya, ada teater juga di dalamnya yang pastinya penuh dengan bakat," pungkas dia.

 

Top