Warga gotong royong membersihkan rumah di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji.
Warga gotong royong membersihkan rumah di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji.

MALANGTIMES - Bencana badai disertai dengan debu rupanya juga merusak sistem sanitasi warga dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di setiap dusun di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji. Pengecekan kerusakan itupun dilakukan pada Jumat (25/10/2019). “Setelah adanya bencana itu kami juga mengecek kelayakan IPAL dan sanitasi. Setelah dicek oleh tim untungnya tidak parah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari.

Hingga saat ini dari tim yang mengecek di lapangan belum menemukan adanya kerusakan yang parah. Hanya terdapat beberapa retakan halus karena benturan batu.

Namun kerusakannya tidak sampai mengalami kebocoran. Jika terdapat sanitasi dan ipal yang rusak parah akan diganti dengan kelengkapan alat. “Kita akan mengganti jika terdapat kerusakan yang dianggap parah atau tidak dapat bertahan lama,” imbuhnya.

Saat ini lanjut Kartika, warga memanfaatkan tandon dan melindungi sanitasi dengan peralatan.  Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan juga membuka posko kesehatan selama 24 jam di balai Desa Sumber Brantas.

“Memang kita siapkan pasca bencana ini karena saat mereka mengungsi banyak yang mengalami infeksi saluran pernafasan,” jelas perempuan yang juga dokter gigi ini.