Serunya Para Istri Awak Tangki Belajar Menyulam

MALANGTIMES -  Sejumlah perempuan yang notabene istri para awak mobil tangki (AMT) tampak sumringah mengikuti pelatihan keterampilan di Terminal BBM Malang, Jumat (25/10). Mereka dengan asyik menjajal keterampilan sulam.

Sembari bercerita, tangan-tangan mereka bergerilya membuat hiasan di sebuah syal atau kain. Kerajinan ini nantinya bakal diwujudkan sebagai salah satu suvenir yang layak jual.

Sri Muanah, salah satu peserta asal Klojen, mengataku sudah dua bulan mengikuti kegiatan tersebut. Awalnya hanya coba-coba. Namun ketika sudah berjalan, dia menjadi ketagihan. Bahkan, dirinya juga begitu menikmati kerajinsn menyulam ketika tengah mengisi waktu luang di rumah.

"Dulunya awal-awal itu nggak begitu tertarik. Tapi sekarang malah ketagihan bikin ginian. Mengisi waktu luang juga saat di rumah," ujar dia.

Kurang lebih ada 26 istri AMT yang ikut kegiatan pelatihan yang diadakan PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patraniaga itu. Pelatihan tersebut sebagai salah satu upaya dalam menumbuhkan pelaku usaha ekonomi mikro di Kota Malang. 

"Kami harapkan adanya keterampilan ini bisa memberi nilai tambah baru bagi kelompok-kelompok ini untuk menghasilkan produk industri rumah tangga yang kompetitif sehingga bisa menambah income mereka," papar Manajer Corporate Communication dan CSR PT Pertamina Patraniaga Ayulia.

Program tersebut bahkan sudah dilakukan sejak Desember 2018 lalu di beberapa daerah. Selain Malang, ada juga di Rowulu (Jogjakarta), Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Pilihan pelatihan sulam tersebut dijalankan lantaran para ibu bisa memanfaatkan waktu luang di mana pun dan kapan pun secara leluasa.

Beberapa produk yang sudah dihasilkan dalam pelatihan ini masih berupa syal dan aksesori kalung. Ke depan, sulaman juga diharapkan akan merambah jilbab.

"Dengan rutin seperti ini, nantinya mereka akan mengajak anak, tetangga, kerabat, dan yang lainnya untuk ikut berkegiatan. Sehingga hal ini juga bisa sebagai salah satu bentuk menciptakan lapangan kerja baru sekaligus memberikan kontribusi untuk menumbuhkan wirausaha perempuan," ungkapnya.

Top