Menstrual cup. (Foto: istimewa)
Menstrual cup. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Penggunaan menstrual cup bagi para perempuan, merupakan salah satu upaya untuk mengurangi sampah plastik. Karena ini merupakan pembalut yang ramah lingkungan dan dapat digunakan berkali-kali.

Menstrual cup pilihan lain untuk menampung darah saat haid, selain menggunakan pembalut. Menstrual cup ini berbentuk seperti corong minyak, hanya saja ukurannya lebih kecil dan terbuat dari silikon dan lebih aman digunakan.

Tetapi bagi kalian sebelum memutuskan untuk membeli menstrual cup, perhatikan beberapa hal ini, supaya nyaman saat digunakan antara lain:

1. Ukuran Menstrual Cup

Menstrual cup yang dijual memiliki beragam ukuran, mulai dari kecil, medium, dan yang besar. Karena ukurannya yang berbeda perlu untuk memilih menstrual cup yang sesuai dengan kalian.

2. Pilih Sesuai Anatomi Tubuh

Memilih menstrual cup harus sesuai dengan anatomi tubuh, caranya dengan mengetahui bentuk panggul, dengan begitu bisa menemukan mana yang nyaman untuk kalian.

3. Perhatikan Reputasi Produk

Sebelum membeli menstrual cup, reputasi produk perlu untuk dipertimbangkan. Sehingga sebelum membelinya baca berbagai informasi dan baca review bagi yang sudah menggunakannya.

4. Cek Kelenturan dan Kelembutannya

Menstrual cup dipercaya nyaman saat digunakan, hal ini karena bahan yang digunakan untuk membuatnya berbahan lembut dan lentur. Tapi sebelum membelinya kalian juga harus cek kelenturannya secara langsung.