Logo Piala Dunia U-20 2021. (Foto: istimewa)
Logo Piala Dunia U-20 2021. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Saat Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, logo dari event dunia ini pun langsung muncul dan menjadi viral. Tentunya logo itu memiliki beragam makna.

Hanya dilihat sepintas saja, logo tersebut kental dengan nuansa Jawa. Tulisan Indonesia 2021 menggunakan font yang terinspirasi dari aksara Jawa.

Baca Juga : Kontroversi, Prestasi, hingga Mundurnya Ratu Tisha dari Sekjen PSSI

Kemudian bentuk logo yang berbentuk segitiga menyerupai Gunungan dari kesenian wayang. Ternyata segitiga itu terinspirasi dari bentuk tugu Golong Gilig di Provinsi Yogyakarta, tempat di mana PSSI dilahirkan pada 19 April 1930.

Lalu bentuk yang menyerupai gunung menggambarkan hubungan antara manusia dan alam. Sekaligus sebagai pengingat untuk selalu memperhatikan lingkungan pada setiap aktivitas yang dilakukan.

Lainnya terdapat ada bentuk rumah dengan tiga pintu, memiliki arti negara (Indonesia) dengan keamanan, kedamaian, dan kebahagiaan hidup.

Dari segi warnanya memiliki warna hijau yang bermakna kesempatan. Dimana Indonesia merupakan tempat yang aman untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sedangkan untuk dua orang meraih bola emas dengan motif Nusantara dengan warna ungu, berarti perbedaan dan warna merah muda berarti kesetaraan.

Baca Juga : Libur Karena Covid-19, Kiper Persita Mulai Bosan

Itu menggambarkan dua tim yang harus menjunjung fairplay di kompetisi sepak bola yang digelar di Indonesia. Dan terakhir simbol bintang menggambarkan perjalanan sebuah tim untuk mencapai prestasi tertinggi.

Filosofinya begitu dalam bukan? Selain bangga tentu kita juga berharap, semoga event dunia ini benar-benar bisa berjalan sesuai dengan apa yang tergambar dalam logo tersebut.