Saung Angklung Udjo yang ada di Bandung Propinsi Jawa Barat
Saung Angklung Udjo yang ada di Bandung Propinsi Jawa Barat

MALANGTIMES - Ada banyak tempat wisata di Bandung yang siap memanjakanmu saat liburan. Wisata yang kaya akan budaya banyak tersedia, dilengkapi dengan kuliner khas yang tak akan terlupa. Kali ini kamu perlu tahu tentang tiga destinasi wisata budaya seru di Bandung untuk dinikmati saat liburan nanti. Jika kamu bingung mau ngapain di Bandung, maka inilah tujuan wisata budaya yang perlu kamu jelajahi. Tak hanya cocok untuk belajar budaya, tempat-tempat ini juga pas untuk menikmati seni yang indah.

1. Saung Angklung Udjo

Menawarkan hasil budaya Indonesia, Saung Angklung Udjo tak hanya terkenal di kalangan turis domestik, tapi juga di antara wisatawan mancanegara. Destinasi liburan ini menghadirkan keindahan budaya Sunda yang makin menawan dengan iringan angklung. Di Saung Angklung Udjo, kamu dapat menyaksikan permainan angklung yang harmonis, wayang, dan tari tradisional.

Setelah asyik belajar lebih banyak tentang budaya, kamu dapat merasakan wisata kuliner Bandung yang siap memanjakan lidah. Jika ingin membeli souvenir berupa angklung atau merchandise lain, kamu juga bisa melakukannya di sini. 

Saung Angklung Udjo dibuka mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Tiket bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp50.000 hingga Rp120.000. Anak dengan usia di bawah 4 tahun tidak dikenakan biaya tiket. Untuk menikmati sajian musik dengan nyaman, datanglah sebelum jam 15.30, karena pertunjukan angklung dimulai pada jam tersebut setiap harinya. Kamu bisa langsung saja datang ke tempat ini yang berlokasi di Jalan Padasuka, Wilayah Cibeunying Kidul (Pasirlayung), Bandung.

2. Taman Budaya Jawa Barat

Dikenal sejak lama sebagai Dago Tea House atau Rumah Teh Dago, saat ini tempat wisata tersebut telah beralih fungsi menjadi Taman Budaya Jawa Barat. Di taman inilah, banyak digelar pertunjukan seni daerah dan modern yang dapat menghibur hati saat kamu berlibur di Bandung. Kadang-kadang, ada juga seminar, pelatihan dan penerbitan karya sastra di sini.

Di taman yang didirikan pada tahun 1991 ini, kamu bisa menyaksikan berbagai pertunjukan. Tak hanya itu, kamu juga dapat melihat-lihat ruang pameran yang memamerkan berbagai karya seni anak bangsa. Selain ruang pameran, berbagai fasilitas lain seperti sanggar seni, teater terbuka, teater tertutup, wisma seni dan cafetaria juga dibuka untuk melayani para pengunjung.

Jika kamu memiliki paket wisata Bandung dan ingin menikmati keindahan budaya di tempat ini, kamu cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp15.000 sebagai biaya tiket masuk. Untuk kendaraan pribadi, taman ini mematok tarif sekitar Rp5.000 (kendaraan roda dua) dan Rp10.000 (kendaraan roda empat). Tempat wisata ini dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 22.00. Taman Budaya Jawa Barat berada di Bukit Dago Selatan, Jawa Barat

3. Padepokan Seni Mayang Sunda

Padepokan ini merupakan salah satu bangunan milik pemerintah yang kerap menyajikan pentas seni baik tradisional maupun kontemporer. Mayang Sunda didirikan dengan tujuan untuk memberdayakan komunitas masyarakat untuk pelestarian budaya.

Banyak hal yang bisa kamu nikmati di gedung ini, tergantung pada tanggal kedatanganmunke Bandung. Gedung ini sering menjadi tempat seminar, pertunjukan seni, maupun aksi seni komunitas. Sejak tahun 2018, semakin banyak anak muda yang senang memanfaatkan gedung ini untuk kegiatan mereka.

Gedung ini secara umum dapat dimasuki secara gratis, mulai pukul 08.00 hingga 04.00. Meskipun demikian, untuk mengikuti acara khususnya, kamu perlu membeli tiket masuk dengan harga yang berbeda-beda. Lokasi gedung ini berada di Jalan Peta, Suka Asih, Bojongloa Kaler, Kota Bandung.

Itulah tiga tempat wisata di Bandung yang sarat akan budaya. Selain ketiga tempat tersebut, masih banyak lokasi wisata yang dapat kamu kunjungi di Bandung. Jadi, tunggu apalagi? Segera rencanakan liburanmu ke kota Bandung.