Warga saat membetulkan atap rumah di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji.
Warga saat membetulkan atap rumah di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji.

MALANGTIMES - Upaya penanganan darurat pasca-bencana angin kencang bercampur debu di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, terus dilakukan. Melihat jumlah rumah yang rusak ringan, rusak sedangkan rusak berat, dibutuhkan relawan yang memiliki keahlian dalam bidang pembangunan.

“Hari ini Kamis (24/10/2019) akan dilaksanakan rekonstruksi rumah warga baik yang rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu,Sasmito.

Baca Juga : Quraish Shihab Tegaskan Wabah Covid-19 Bukan Azab Allah

Oleh karena itu dibutuhkan tenaga relawan yang mempunyai keahlian dalam bidang pembangunan dan siap dengan alatnya masing-masing“Bagi relawan yang memenuhi kualifikasi dan bersedia untuk membantu rekonstruksi bisa langsung menuju ke Kantor Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji,” imbuhnya.

Hingga saat ini, dari data rumah rusak sejumlah 515 unit itu terdiri dari rusak berat 9 unit. Lalu rusak sedang 79 unit. Kemudian rusak ringan ada 427 unit.

Fasilitas umum yang mengalami kerusakan itu antara lain SDN Tulungrejo 03 dan SMPN 05. Kondisinya rusak ringan. “Untuk SDN Tulungrejo 03, SMPN 05, dan polindes sudah dikondisikan oleh satuan Yon Zipur 10/ZP/2 Kostrad,” imbuhnya. 

Bahan material bangunan yang dibutuhkan seperti kayu, meters, kalsiboard, dan harplek. Sedangkan kondisi air di rumah penduduk 50 persen sudah mengalir dan saat ini dilakukan suplai air oleh PDAM Kota Batu, Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu, dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

“Operasi hari ini dilakukan penanganan perbaikan rumah sebanyak 16 unit yang berada di Dusun Lemah Putih, Dusun Krajan dan Dusun Jurang Kuali,” tambah Sasmito. 

Sedang personel yang terlibat penanganan ini terdiri dari BPBD Kota Batu, TNI, Polri, perangkat Desa Sumber Brantas, Linmas Kecamatan Bumiaji, dan relawan.