Produk jam tangan berbahan tulang hewan. (Foto: Instagram @grootwatch)
Produk jam tangan berbahan tulang hewan. (Foto: Instagram @grootwatch)

MALANGTIMES - Produk fashion yang mengedepankan konsep recycle sepertinya tengah digeluti banyak produsen. Bukan hanya baju, produk aksesori pun terus merambah ke konsep recycle.

Tapi, yang satu ini bisa terbilang unik. Jika biasanya Anda menjumpai jam tangan berbahan recycle dari limbah kayu atau bahan sejenisnya, kali ini berbeda. Jam tangan inovatif ini dibuat dari tulang sapi dan tanduk kerbau.

Yang lebih menarik, produk ini berasal dari karya anak Indonesia lho. Groot Watch, produk jam tangan asal Kota Bandung yang menghadirkan karya unik ini.

Dilansir dari berbagai sumber, owner  Groot Watch Marwan Eka Fadilah mengatakan, pemilihan tanduk kerbau atau tulang sapi bukan tanpa alasan. Limbah ini dinilai lebih kuat, tahan lama, dan tahan banting. Bentuknya juga tidak kalah keren dengan jam tangan populer pada umumnya.

Inspirasi jam tangan limbah tulang  datang berawal dari banyaknya tulang yang dirasa terbuang sia-sia dan tidak terpakai dari tempat pemotongan hewan. Menurut  Marwan, jika jam tangan dari kayu saja bisa diterima di masyarakat, maka dengan menggunakan bahan tulang, ia melihat potensi yang sama.

Selain itu, konsep recycle ini sebagai salah satu upaya untuk mengubah bahan tidak terpakai menjadi bahan yang mempunyai nilai tinggi. Bahkan pemilihan tulangnya khusus diambil tulang paha sapi dan tanduk kerbau.

Pembuatan jam tangan ini tidaklah mudah. Ia memperhatikan setiap detail dan kerapihan dalam prosesnya. Ditambah, jam ini dikerjakan secara manual oleh para pengrajin lokal.

Hmmm... tertarik memilikinya? Jam tangan kece ini dibanderol dengan harga Rp 850 ribu sampai Rp 1,9 juta.