Operasi Zebra Semeru 2019, 80 Persen Penindakan, Berikut 12 Targetnya

MALANGTIMES - Selama dua pekan ke depan, mulai hari ini (23/10/2019) hingga 5 November 2019, Polisi bakal menggelar razia Operasi Zebra Semeru 2019. Dalam razia tersebut, jangan harap para pelanggar bakal mengira hanya akan diberi peringatan atau imbauan saja dari petugas . Pasalnya, dalam razia itu, Polisi bakal mengedepankan 80 persen penindakan terhadap para pelanggar.

Kapolres Malang Kota, AKBP Dony Alexander SIK, MH, menjelaskan, razia tersebut tentunya merupakan upaya dalam meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran masyarakat agar selalu tertib berkendara dan berlalu lintas, demi keselamatan bersama. "Ini tentunya juga merupakan menekan angka kecelakaan lalu lintas, zero accident. Makanya kami berharap ada kepedulian dan kesadaran dari masyarakat, jangan anggap sepele keselamatan saat berkendara," paparnya.

Dalam Operasi Zebra Semeru 2019 tersebut, digelar serentak di kawasan Jatim. Sementara, di wilayah Polres Malang Kota, Unit Satlantas akan menerjunkan 100 personel guna melakukan Operasi Zebra Semeru 2019 di beberapa titik di Kota Malang. "Selain dari anggota Polri, elemen dari TNI dan Pemkot Malang juga mendukung kegiatan Operasi Zebra Semeru 2019 ini," jelasnya.

Sementara itu, dijelaskannya lebih lanjut, dalam gelaran Operasi Zebra Semeru 2019, terdapat 12 target yang akan menjadi fokus dalam penindakan petugas, 12 target tersebut diantaranya sebagai berikut, 

1. Pengendara yang tak memiliki SIM

2. Kendaraan bermotor roda dua atau roda empat yang tidak dilengkapi dengan STNK.
3. Pengendara yang melawan arus.
4. Tidak menggunakan helm.
5. Mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan.
6. Menggunakan ponsel saat mengemudi.
7. Pengendara di bawah umur atau 
8. Berkendara sepeda motor berboncengan lebih dari ketentuan
9. Kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan layak jalan.
10. Kendaraan roda dan roda empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar.
11. Berkendara di bawah pengaruh alkohol.
12. Kendaraan bermotor yang memasang rotator atau sirine yang bukan untuk perentukannya.

Top