Besok Malang Dikabarkan Akan Alami Suhu Udara Hingga 44 Derjat Celcius, Begini Penjelasan BMKG

Oct 23, 2019 17:16
Kabar terkait ramalan kondisi suhu udara yang ditegaskan BMKG adalah hoax
Kabar terkait ramalan kondisi suhu udara yang ditegaskan BMKG adalah hoax

MALANGTIMES - Sebuah pesan singkat mengenai cuaca ekstreme beredar di media sosial dan pesan singkat WhatsApp. Dalam pesan singkat itu disebutkan jika beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami suhu yang teramat panas. Salah satunya adalah Malang yang disebut akan alami suhu mencapai 44 derajat celcius.

Berikut ini pesan singkat yang sudah beredar luas di mesia sosial.
"Dear all, mulai besok sampai 3 hari ke depan di harapkan kurangi aktivitas di luar rumah karena cuaca panas extreme melanda Indonesia untuk 3 hari ke depan. Banyak minum air mineral dan multivitamin ya Bro... Temperatur panas extreme yang terbaca oleh deteksi satelit hari ini, adalah di daerah :
Jakarta 38°C
Depok 38°C
Serang Banten 44°C
Bekasi 38°C
Tangerang 44°C
Jogjakarta 40°C
Malang 44°C
Solo 45°C
Madiun 39°C
Magelang 39°C
Purworejo 40°C
Madura 42°C
Bali 45°C
Lombok 43°C
Riau 45°C
Pekanbaru 45°C
Batam 42°C
Makassar 43°C
Pare-pare dan bone 40°C
Papua Nugini, nyaris mendekati 50°C
Daerah lain masih dalam pantauan mitigasi klimatologi NASA.
Jaga kesehatan, pola makan, dan banyak minum air ya, Kawan. Panas extreme pemicu dehidrasi, malaria, tifus, campak, dan pelemahan sel jaringan otak."

Baca Juga : Pertengahan Ramadhan, Asteroid Seukuran Lapangan Tenis Berkecepatan 5,72 Kilometer per Detik Mendekat ke Bumi

Kabar itu langsung ditepis oleh Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Klas 2 Malang Aminudin Al Roniri. Dia menegaskan jika kabar tersebut adalah hoaks alias tidak benar. Sehingga masyarakat diimbau untuk tidak merasa khawatir. Karena meski diakui jika saat ini suhu udara memang terbilang sangat panas.

"Nggak benar kabar itu," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Analisis Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Mahfuzi. Dia menyebut jika kabar tersebut sangat tidak benar. Karena setiap informasi berkaitan dengan suhu selama ini secara resmi dilaporkan BMKG secara berkala dan dilengkapi dengan logo resmi.

"BMKG hanya menggunakan satelit Himawari, bukan menggunakan milik Nasa," imbuh dia.

Menurutnya, secara logika kabar yang disebarkan tersebut ada yang kurang tepat. Terutama untuk prediksi Malang yang akan mencapai 44 derajat celcius. Kondisi itu menurutnya kurang tepat dianalisakan dengan kondisi Malang saat ini. Karena Malang masih memiliki banyak vegetasi alam dan pepohonan serta tanaman perdu yang menahan laju evaporasi dan penguapan.

"Jadi menurutku kabar tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan," pungkasnya.

 

Topik
MalangBerita MalangKepala BMKG Stasiun Klimatologi Klas 2 Malang Aminudin Al Roniricuaca panas extreme melanda Indonesia untuk 3 hari ke depan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru