Kajari Kota Malang, Amran Lakoni (tengah), Kasi Intel Ujang Supriyadi (kiri) dan Kasubagbin Heru (kanan)(Anggara Sudiongko/MalangTimes)
Kajari Kota Malang, Amran Lakoni (tengah), Kasi Intel Ujang Supriyadi (kiri) dan Kasubagbin Heru (kanan)(Anggara Sudiongko/MalangTimes)

MALANGTIMES - Pimpinan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang, segera berganti. Kepala Kejari (kajari) Amran Lakon tak lama lagi akan segera berpindah ke Kejaksaan Agung (Kejagung) pada unit Inteljen sebagai Kasubdit.

Sepeninggalnya nanti, masih terdapat kasus yang akan menjadi pekerjaan rumah atau PR bagi penggantinya sebagai Kepala Kejari Kota Malang, yakni Andi Darmawangsa. Kasus tersebut di antaranya, kasus permasalahan aset Pemkot Malang yang dikuasai pihak ketiga di Oro-Oro Dowo.

"Penyidikan masih ada dua, Insyallah segera rampung. Nanti pelimpahannya mungkin Kajari setelah saya," ungkap Amran.

Untuk kasus tersebut, sedari awal hingga saat ini, telah menetapkan empat tersangka. Dan untuk sertifikat dari aset Pemkot Malang di Oro-Oro Dowo tersebut, saat ini  telah diamankan oleh pihak Kejari.

"Ada empat sertifikat. Kalau kasusnya sudah selesai nanti akan segera kita kembalikan ke Pemkot," paparnya

Selain itu, pihaknya juga tengah menangani proses pengembalian aset-aset Pemkot yang dikuasai pihak ketiga, selain aset di Oro-Oro Dowo. Namun dalam proses pengembalian, diantarnya masih sedikit mengalami kendala, masalah data.

"Belum semua, masih koordinasi. Karena mengejar aset tidak gampang, harus mengumpulkan data, surat, kepemilikannya," terangnya

Amran juga memberikan pesan terhadap penggantinya nanti, agar bisa segera menyelesaikan tunggakan perkara yang ada. Tak hanya kepada penggantinya nanti, Amran juga memberikan pesan kepada para anak buahnya untuk selalu kompak dan mendukung serta membantu tugas maupun pekerjaan dari Kajari yang baru.

"Segera selesaikan apa yang belum selesai, kita keroyok bersama-sama kan selesai. Kemudian untuk teman-teman, kompak, main dari hati, nggak perlu diomelin, malah nggak selesai. Kita ingatkan dari hati, mari kita selesaikan pekerjaan kita, selalu mendukung kepemimpinan yang baru," paparnya.