Para pengungsi saat akan berangkat menggunakan mobil shuttle di Balai Desa Tulungrejo, Selasa (22/10/2019). (Foto: istimewa)
Para pengungsi saat akan berangkat menggunakan mobil shuttle di Balai Desa Tulungrejo, Selasa (22/10/2019). (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Para pengungsi bencana angin kencang disertai debu di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji di titik bisa bernafas lega. 

Bagaimana tidak, kini mereka diperkenankan pulang, Selasa (22/10/2019) sore.

Jumlah para pengungsi saat ini ada 668 orang di lima posko. 

Rinciannya di Rumah Dinas Wali Kota Batu ada 143 orang. Kemudian di Balai Desa Tulungrejo ada 183 orang.

Lalu di Balai Desa Sidomulyo jumlahnya 138 orang. Di Balai Desa Punten sebanyak 181 orang.

Dan di Balai Desa Sumbergondo berjumlah 23 orang.

Sebelumnya mereka harus berada di posko pengungsian sejak Minggu (20/10/2019) hingga Selasa (22/10/2019) siang.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan setelah melakukan pertimbangan dengan melihat perkembangan situasi di Desa Sumber Brantas yang sudah kondusif sehingga memutuskan pengungsi dapat dipulangkan.

Ditambah  situasi pengungsi yang meminta segera dipulangkan menuntut para petugas untuk mewujudkan keinginan warga Desa Sumber Brantas.

“Dengan mempertimbangkan perkembangan situasi Desa Sumber Brantas yang sudah kondusif dan situasi pengungsi yang meminta segera dipulangkan, kami telah melaksanak rapat koordinasi di Posko BPBD Kota Batu,” kata Rochim.

“Dalam rapat ini dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah/instansi terkait. Hasil koordinasi disepakati untuk melaksanakan pemulangan pengungsi sore hari ini,” imbuhnya.

Saat ini masih dilaksanakan proses penyiapan pemulangan di masing-masing pos pengungsian.

Beberapa mobil yang digunakan itu merupakan kendaraan shuttle.