Petugas TNI saat melakukan pembersihan di di SDN Tulungrejo 03 Kota Batu, Selasa (22/10/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas TNI saat melakukan pembersihan di di SDN Tulungrejo 03 Kota Batu, Selasa (22/10/2019). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Para petugas bergerak untuk melakukan pembersihan usai terjadinya bencana angin kencang disertai debu di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Pembersihan mulai dilakukan di pusat pendidikan seperti arahan Gubernur Jawa Timur Khofifah dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Ya, terlihat pada Selasa (22/10/2019), para petugas dari TNI bergerak membersihkan area sekolah di SDN Tulungrejo 03. Alat bantu pun dikerahkan untuk membantu petugas membetulkan genting yang diterjang  angin kencang itu.

Selain banyak genting yang rusak, debu tebal menutup lantai setiap kelas SDN Tulungrejo 03 itu. Bangku, meja, almari tertutup debu. Para TNI itu pun menyapu dan menata meja dan bangku yang terlihat tidak rapi gara-gara angin kencang. 

Sebelumnya Khofifah meminta tiga infrastruktur, salah satunya pendidikan. menjadi prioritas utama untuk dibenahi agar proses belajar mengajar segera pulih.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Sasmito mengatakan, saat ini ada 150 orang yang bertugas di Desa Sumber Brantas. Mereka terbagi untuk sektor infrastruktur dan pemukiman. "Kemudian yang satunya untuk sosial dan ekonomi," kata Sasmito.