Warung pedagang kaki lima yang porak poranda di Desa Sumber Brantas.
Warung pedagang kaki lima yang porak poranda di Desa Sumber Brantas.

MALANGTIMES - Para relawan dari berbagai pihak mulai dari polisi, TNI, BPBD, Tagana, dan sebagainya sudah dikerahkan untuk menangani dampak angin besar di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko pun bergegas meminta untuk mengkondisikan rumah yang ada di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Ya sejak Minggu (20/10/2019) kondisi Desa Sumber Brantas lumpuh lantaran diterjang angin kencang disertai debu berwarna cokelat yang cukup pekat. Pohon tumbang, atas rumah yang terbuat dari seng, atau bangunan dari kayu porak poranda hingga saat ini.

“Rumah mereka saat ini berbedu, gentingnya rusak harus diganti, ada yang kacanya pecah harus diganti,” ungkap Khofifah. Karena itu Khofifah menginginkan 3 infrastruktur dasar yang dilakukan terlebih dahulu.

Yakni sarana pendidikan, kesehatan, dan ibadah. Pada Selasa (22/10/2019) tim yang dikerahkan mulai menyasar untuk membersihkan area sarana pendidikan tepatnya di SDN Tulungrejo 03.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi semua kepada warga yang terdampak bencana di sana. Upaya yang segera dilakukan selain saran pendidikan juga rumah warga agar mereka yang mengungsi bisa kembali ke rumah masing-masing.

“Sesuai dengan perintah bu gubernur akan kami laksanakan. Sarana pendidikan memang harus diutamakan agar berjalannya proses belajar mengajar kembali normal,” kata Dewanti.

Bukan hanya rumah, masalah jaringan listrik, air yang saat ini lumpuh juga segera akan diperbaiki. “Bukan terkait dengan rumah saja, tapi listrik dan air juga masih mati, sehingga kita berupaya untuk segera memulihkan kembali,” imbuhnya.

Baca Juga : Mokong Keluyuran Malam Hari, Warga Jalani Rapid Test Covid-19 di Tempat

Untuk mempercepat proses pemulihan di desa tersebut Dewanti sudah meminta kepada berbagai instansi dan lembaga.

“Memfasilitasi semua kepada warga terdampaj mengkondisikan rumah tinggal rumah tinggal air listrik kemudian sekolah, “Secepatnya sudah minta kodim menyerahkan pasukan,” tutup Dewanti.