Memasuki Masa Pancaroba, BMKG Ingatkan Masyarakat: Waspada Ya Sob, Kita Manusia Bukan Tokoh Anime

Oct 22, 2019 07:59
Ilustrasi (limawaktu).
Ilustrasi (limawaktu).

MALANGTIMES - Memasuki masa pancaroba, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ingatkan masyarakat untuk waspadai potensi angin kencang. 

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Karena fenomena angin kencang merupakan tanda-tanda peralihan dari musin kemarau menuju penghujan. Biasanya, angin yang terjadi dalam musim pancaroba berlangsung lebih dari satu minggu.

"Waspadai potensi angin kencang disertai petir dan puting beliung yah sob di musim pancaroba.  Termasuk adik-adiknya yang suka masuk ke pusaran angin dikasih tahu yah, kita manusia bukan tokoh anime," cuit akun resmi twitter BMKG memberi peringatan kepada masyarakat.

Sementara itu, Plh Kepala Stasiun BMKG Juanda Rofiq Isa Mansur menyampaikan, selama proses pergantian musim dari kemarau ke panas, Jatim sangat berpotensi alami cuaca ekstrem. Sehingga masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Karena ada kemungkinan cuaca ekstrem seperti hujan es, hujan lebat secara tiba-tiba, angin kencang sesaat yang berasal dari awan cumulonimbus baik itu puting beliung. Selain itu juga ada kemungkinan peningkatan intensitas sambaran petir yang berasal dari awan cumulonimbus.

"Hujan yang terjadi saat masa pancaroba bersifat sporadis atau tidak merata dan terjadi secara tiba-tiba dengan intensitas yang lebat. Sehingga harus diwaspadai timbulnya genangan air," katanya.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

Lebih jauh dia menyampaikan, intensitas angin kencang sesaat yang bersifat merusak akan meningkat pada masa transisi atau pancaroba. BMKG Juanda mengimbau kepada masyarakat Jatim agar selalu waspada terhadap berbagai cuaca ekstrem di masa pancaroba dan selalu menjaga kesehatan akibat pengaruh perubahan cuaca.

Selain itu, memasuki musim pancaroba biasanya juga akan terjadi badai. Hujan serta angin bahkan petir akan menjadi pertanda pergantian musim telah tiba. Terkadang, hujan lokal dengan intensitas tinggi akan terjadi dalam waktu singkat, yaitu sekitar setengah hingga satu jam.

 

Topik
MalangBerita Malangmasa pancarobaBMKGMusim Penghujantwitter BMKGAwan Cumulonimbus

Berita Lainnya

Berita

Terbaru