Kota Malang Alami Hari Tanpa Hujan 138 Hari

Oct 21, 2019 17:25
Tangkapan layar suhu udara di Kota Malang, Senin (21/10/2019)
Tangkapan layar suhu udara di Kota Malang, Senin (21/10/2019)

MALANGTIMES - Musim kemarau tahun ini terasa lebih lama daripada tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, Kota Malang tercatat mengalami hari tanpa hujan (HTH) selama 138 hari secara berturut-turut. 

Kondisi itu terjadi lantaran adanya perubahan iklim. Bahkan, disebut bahwa saat ini durasi musim kemarau lebih lama, namun musim hujan terus bertambah pendek.

Baca Juga : Pertengahan Ramadhan, Asteroid Seukuran Lapangan Tenis Berkecepatan 5,72 Kilometer per Detik Mendekat ke Bumi

Analis kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Mahfuzi menyampaikan, sejak Juni hingga Oktober 2019, Kota Malang mengalami hari tanpa hujan selama 138 hari. Sementara tahun sebelumnya pada periode yang sama, Kota Malang mengalami HTH selama 113 hari.

"Tahun lalu setiap Oktober itu sudah hujan. Tapi saat ini diprediksi November baru hujan," katanya kepada wartawan.

Dia menyampaikan, lazimnya musim kemarau terjadi selama enam bulan. Sedangkan musim hujan juga berlangsung selama enam bulan. Sementara yang terjadi saat ini, musim hujan berlangsung lima bulan dan musim kemarau berlangsung tujuh bulan. "Memang ada pergeseran iklim dari tahun 2018 dan 2019," imbuhnya.

Sementara itu, mengutip dari laman BMKG, prakiraan cuaca di Kota Malang pada Senin (21/10/2019) adalah 24 derajat celcius hingga 33 derajat celcius. Sedangkan dalam aplikasi cuaca, pada pukjl 14.30 WIB, Kota Malang berada pada suhu 33 derajat celcius.

Baca Juga : Riset: Surabaya, Gresik, dan Malang Selatan Alami Perubahan Ketinggian Permukaan Tanah

"Panas dan gerah banget memang beberapa hari ini. Kayaknya nggak normal. Biasanya Oktober sudah hujan, tapi ini masih sangat panas," kata salah seorang warga Kota Malang, Sisca kepada MalangTIMES.

 

Topik
MalangBerita MalangKota Malang Alami Hari Tanpa Hujan 138 HariMusim kemarau tahunsuhu udara di kota malangBadan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru