Wali Kota Malang Sutiaji (dua dari kiri) saat meninjau Bazar Wisata Halal di Jl Gajah Mada, Senin (21/10). (Foto: Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji (dua dari kiri) saat meninjau Bazar Wisata Halal di Jl Gajah Mada, Senin (21/10). (Foto: Humas Pemkot Malang)

MALANGTIMES - Keinginan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mewujudkan destinasi wisata halal semakin diseriusi. Hal itu juga mulai diwujudkan dengan adanya perusahaan hotel dan restoran yang mulai didaftarkan dalam sertifikasi halal.

Bahkan, dalam hal ini Pemkot Malang mendorong produk olahan usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mempersiapkan menuju sertifikasi halal itu.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan beragam kreasi yang dihasilkan oleh pelaku usaha di Kota Malang dinilai telah luar biasa. Karena itu, penobatan Kota Malang sebagai kota kreatif Indonesia dinilai sangat tepat. Langkah ke depan yang tengah dipersiapkan yakni dengan mendaftarkan produk pelaku usaha agar memiliki sertifikasi halal tersebut.

"Konsennya bagaimana ini nanti mereka mau mendaftarkan sertifikasi halal. Soalnya, dalam undang-undang (UU) dan peraturan pemerintah (PP) itu sudah diatur," ujar dia usai membuka acara Bazar Wisata Halal di Jl Gajahmada, Kota Malang, Senin (21/10).

Menurut Sutiaji, dengan bersertifikasi halal, maka sebuah produk akan memiliki nilai tambah yang lebih baik. Kemudian, kebutuhan konsumen dalam mencari produk halal akan lebih terjamin karena sudah sesuai dengan prosedur. Terlebih, ada beberapa standar khusus yang harus dipenuhi.

"Ada jaminan bagi konsumen bahwa yang diminum dan dimakan berlabel halal itu benar-benar sesuai prosedur dan mendapatkan sertifikasi halal itu. Ketika mencari bakso halal di Kota Malang, tidak hanya labelnya saja tapi prosedurnya terjamin," imbuhnya.

Apalagi, saat ini Pemkot Malang tengah memfokuskan diri dalam menjadikan Malang heritage destination. Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, wali kota mengharapkan destinasi wisata halal menjadi peningkatan dalam menghadirkan wisatawan.

"Malang ingin membawa destinasi wisata halal untuk meningkatkan wisatawan yang datang, baik dari mancanegara maupun wisatawan lokal, sambil ke depan ingin mengangkat UMKM," tandasnya.