Mulan Jameela (akun Ig mulanjameela1)
Mulan Jameela (akun Ig mulanjameela1)

MALANGTIMES - Kisah Mulan Jameela yang kini resmi menyandang status baru sebagai anggota DPR RI dari Partai Gerindra, tetap menarik diperbincangkan. Tak terkecuali dari lembaga anti rasuah yang kini sedang diuji dengan adanya Undang-Undang KPK.

Bagaimana tidak, Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, secara langsung  harus menyentil Mulan yang belum sebulan menjadi anggota DPR RI ini. Gara-gara persoalan kaca mata Mulan yang diunggah oleh istri Ahmad Dhani ini di akun Instagram pribadinya. Sentilan Saut Situmorang pun bukan main-main. Pasalnya apa yang disampaikannya kepada Mulan, karena kaca mata keluaran Gucci yang diposting Mulan itu, bisa memiliki potensi pidana bagi artis yang tenar karena duetnya dengan Maia Estianty (eks istri Ahmad Dhani).
"Bisa menjadi pidana bila tidak dilaporkan dalam 30 hari sejak diterima," kata Saut seperti dikutip oleh kompas.com, Sabtu (19/10/2019).

Saut menyampaikan, hal itu didasarkan pada Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi Pasal 12B Ayat 1. "Itu sebabnya mengapa pemberian ini bahkan di KPK diawasi karena gratifikasi walau bukan suap akan tetap bisa menjadi pidana bila tidak dilaporkan dalam 30 hari sejak diterima," ujarnya.

Seperti diketahui, sentilan Saut bermula dari unggahan kacamata bermerek si Instageam Mulan. Dimana, Mulan menuliskan ucapan terimakasihnya atas kiriman kacamata dari @jakarta_eyewear. Lantas mempromosikannya kepada sahabat online.

"Bismillahirrahmanirrahim...Terimakasih @jakarta_eyewear ngirim kacamata sebagus ini, buat sahabat onlineku yang lagi cari supplier kacamata termurah. bisa order langsung di @jakarta_eyewear ya...," tulis Mulan.

Postingan inilah yang membuat Saut bereaksi dan menyampaikan, bahwa setiap penyelenggara negara yang menerima barang dari pihak tertentu bisa melaporkannya terlebih dahulu ke Direktorat Gratifikasi KPK. Walaupun barang itu untuk endorsment, sehingga nantinya bisa diklarifikasi oleh pihak Direktorat Gratifikasi KPK.

Sontak saja sentilan wakil ketua KPK ini membuat Mulan bereaksi cepat. Dimana dirinya langsung memberikan klarifikasi atas pemberian kaca mata yang ternyata  dibanderol dengan harga Rp 6,6 juta. 

Mulan menghapus postingannya itu dan mengunggah bukti percakapan antara admin online shop dengan pihaknya. Serta mengucapkan terima kasih kepada Saut yang telah menyentilnya terlebih dahulu. "Saya ucapkan terima kasih untuk Bapak Saut Situmorang selaku wakil ketua KPK, sudah memberikan masukan yang sangat positif untuk saya secara pribadi. Ini bisa jadi pelajaran untuk semua pihak," tulis Mulan yang juga menuliskan, "Dan Insya Allah saya beserta Partai Gerindra akan selalu menjaga kebersihan dari korupsi."