Lampu PJU tenaga suray bantuan kementrian ESDM (Doc MalangTIMES)
Lampu PJU tenaga suray bantuan kementrian ESDM (Doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Mewujudkan Kota Malang Terang Benderang dan membebaskan Kota Malang dari kegelapan, 19 ribu Penerangan Jalan Umum (PJU) saat ini masih dibutuhkan oleh Kota Malang.

Kekurangan itu sebagaimana diutarakan oleh Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang, Hadi Santoso. "Untuk mewujudkan Kota Malang Terang Benderang kan butuh sekitar 38 ribu PJU. Dan saat ini masih ada kekurangan 19 ribuan PJU itu," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, dan untuk memenuhi kebutuhan 38 ribu PJU tersebut, pihaknya akan segera  meminta bantuan penambahan PJU kepada Kementrian Energi dan Sumberdaya Manusia (ESDM). "Kami sudah diperintah Pak Walikota untuk segera minta bantuan ke kementrian. Karena ya kekurangannya cukup banyak. Jadi kalau mau terang benderang ya haru memenuhi 38 titik PJU itu,"paparnya.

Dan untuk target waktu pemenuhan jumlah 38 ribu PJU tersebut, saat ini belum bisa dipastikan. Sebab, hal itu juga melihat pada kemampuan keuangan atau anggaran yang ada.

Sementara itu, berkaitan PJU, baru-baru ini Kota Malang  telah mendapatkan bantuan PJU tenaga surya dari Kementrian ESDM sebanyak 150 PJU. 150 PJU tersebut terpasang di beberapa kawasan Kota Malang.

Dari bantuan PJU tenaga surya tersebut, diharapkan bisa mewujudkan efisiensi anggaran perawatan. Untuk itu, Pemkot Malang pun memproyeksikan ke depan seluruh penerangan jalan umum di Kota Pendidikan ini akan digantikan dengan memanfaatkan tenaga terbarukan tersebut.