Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta studi tiru tata kelola dana BOS Dinas Pendidikan Kota Malang. (Foto: Humas)
Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta studi tiru tata kelola dana BOS Dinas Pendidikan Kota Malang. (Foto: Humas)

MALANGTIMES - Tata kelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang dijadikan percontohan Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Yogyakarta.

Beberapa waktu yang lalu, jajaran Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang terdiri atas Kepala Seksi Kelembagaan SD, analis kelembagaan SD, Tim Manajemen BOS dan Pengelola Dana BOS mengunjungi Dinas Pendidikan Kota Malang.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kelembagaan SD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Agus Trimadi SIP MAcc menyatakan, pihaknya sangat tertarik dengan berbagai program inovasi Dinas Pendidikan Kota Malang.

"Inovasi lomba Sekolah ULTRAS (Unggul dan Transparan) dalam hal tata kelola dana BOS yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang sangat menarik bagi kami serta sesuai dengan salah satu harapan kami dari kegiatan studi tiru pada hari ini,” ucap Agus.

Plt. Kepala Bidang Pembinaan SD Muflikh Adhim SE MM menyampaikan, dalam rangka mewujudkan insan Pendidikan Kota Malang yang bermartabat serta berintegritas, dalam tata kelola BOS mulai dari penyusunan program kerja, pembelanjaan hingga pelaporannya melibatkan seluruh elemen satuan pendidikan tidak terkecuali orangtua siswa.

"Selain itu dalam pembelanjaan barang atau jasa menggunakan aplikasi berbasis daring/online, di antaranya e-Catalog maupun SIPLAH, sehingga azas transparan, efisien, efektif dan berdaya guna dapat diwujudkan," tukasnya.

Muflikh pun menghaturkan rasa terima kasih atas kepercayaan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menunjuk Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai locus kegiatan studi tiru tata kelola dana BOS.